PENENTUAN DIAMETER PIPA PERMUKAAN DAN TEBAL INSULASI BERDASARKAN ANALISA KEHILANGAN TEKANAN DAN TEMPERATUR PADA CLUSTER C& E LAPANGAN PANASBUMI “GUNDABAD

Hardiyanto, Adli RahadyanIrfree (2020) PENENTUAN DIAMETER PIPA PERMUKAAN DAN TEBAL INSULASI BERDASARKAN ANALISA KEHILANGAN TEKANAN DAN TEMPERATUR PADA CLUSTER C& E LAPANGAN PANASBUMI “GUNDABAD. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text
Skripsi Adli Rahadyan Irfree Hardiyanto (113140049).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Pada lapangan panasbumi “Gundabad” akan dibangun PLTP dengan kapasitas 2x55 MW. Lapangan inimemiliki 16 sumur produksi yang tersebar di 10 cluster, saat ini status lapangan masih dalam tahap eksplorasi sehinggabelum ada jaringan pipa transmisi yang menghubungkan 16 sumur produksi tersebut ke fasilitas PLTP (turbin dengan kapasitas 55 MW). Oleh karena itu,diperlukan perencanaan pipa yang menghubungkan wellheadhingga ke turbin sebagai bagian dari studi kelayakan lapangan panasbumi “Gundabad”.Skripsi ini membahas tentangpemilihan ukuran diameter dan tebal insulasipipa permukaanyang akan menghubungkan3 sumur yang tersebar di 2 clusterdengan turbin berkapasitas 55 MW.Tahap pertama yang dilakukan adalah menentukan teknologi konversiyang akan diaplikasikan dilanjutkan dengan menentukan rute pipadengan aplikasi Google Earth Proyang akan digunakan. Tahap berikutnya adalah menyusun skenariodengan sistem konversi single flash cycleberdasarkan diameter pipa permukaan dan tebal insulasi. Skenarioakan disimulasikan menggunakan simulator Aspen HysysV11sehingga dapatdiketahui besarnya kehilangan tekanan dan temperatur di setiap segmen pipa. Tahap selanjutnya adalah analisa hasil simulasi sehingga dapat diketahui besarnya daya listrik (MW) yang dihasilkan setiap skenario. Pada akhirnya dapat diketahui sensitivitas antara diameter pipa, tebal insulasi dengandaya listrik yang dihasilkan.Setelah melakukan simulasi Aspen HysysV11serta analisa terhadap 9skenario,dihasilkan skenariooptimumuntuk lapangan panasbumi “Gundabad”dengan diameter segmen PIPE-100 adalah 20”, segmen PIPE-101 adalah 18”. Segmen PIPE-102 menggunakan diameter pipa 16”. Pada segmen PIPE-103 diameter yang dipilih adalah 20”. Segmen PIPE-104 menggunakandiameter pipa sebesar 24”. Untuk segmen PIPE-105,106, 107 dan 108 diameter pipa yang digunakan adalah 32”. Pipa di semua segmen menggunakan material mild steeldengan SCH 40 dan insulasi menggunakan material rockwooldengan ketebalan 0,10m.Kata kunci: diameter pipa permukaan, kehilangan tekanan,kehilangan temperatur,daya listrik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 26 Jan 2021 06:51
Last Modified: 26 Jan 2021 06:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24399

Actions (login required)

View Item View Item