RE-DESIGN LAJU INJEKSI GAS PENGANGKATAN BUATAN GAS LIFT UNTUK MENGOPTIMALKAN PRODUKSI PADA SUMUR “MRA-04” LAPANGAN “CHE”

ROBY, MUHAMMAD (2021) RE-DESIGN LAJU INJEKSI GAS PENGANGKATAN BUATAN GAS LIFT UNTUK MENGOPTIMALKAN PRODUKSI PADA SUMUR “MRA-04” LAPANGAN “CHE”. Other thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan Skripsi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Sumur MRA-04 di install gas lift sejak bulan desember 2010. Design gas lift existing sumur MRA-04 tekanan injeksi 640 psia, laju injeksi gas 0,2 MMSCFD, laju produksi fluida 63 BFPD dan laju produksi oil 7 BOPD dengan water cut 89 %. Seiring berjalannya waktu produksi terjadi penurunan tekanan reservoir yang menyebabkan menurunnya laju produksi sumur, sehingga design lift existing perlu dilakukan redesain untuk mendapatkan laju produksi optimum. Pada sumur MRA04 juga tidak dapat dilakukan penambahan titik injeksi karena keterbatasan tekanan injeksi dan letak katup gas lift paling bawah sudah mencapai kedalam maksimal 2134 m diatas packer. Berdasarkan desain gas lift existing, maka perlu dilakukan redesain gas lift untuk mengoptimalkan laju produksi sumur MRA-04. Dan melihat laju injeksi gas sumur MRA-04 yang belum optimum serta tidak bisa dilakukan penambahan titik injeksi, dengan ketersedian injeksi gas yang ada maka dapat di lakukan redesain laju injeksi gas. Metodologi yang digunakan untuk redesain laju injeksi gas sumur MRA-04 menggunakan simulator prosper dengan melakukan sensitivitas terhadap beberapa parameter yaitu GLR injeksi, tekanan injeksi, dan laju injeksi gas.dilakukan sensitivitas pada tiga parameter tersebut dikarenakan perubahan hasil dari GLR, tekanan injeksi, dan laju injeksi akan mengurangi kehilangan tekanan pada tubing sehingga didapatkan tekanan alir dasar sumur yang minimal. Redesain Laju injeksi gas simulator prosper diawali dengan input data awal, data PVT, Input data gaslift terpasang, dan equipment data. Dari analisa menggunakan perhitungan dengan metode IPR Wiggins tiga fasa dan IPR simulator prosper menunjukkan bahwa sumur MRA-04 masih dapat diproduksikkan sampai laju optimum, dengan ketersediaan gas yang ada maka dapat dilakukan redesain laju injeksi. Hasil Redesain Laju injeksi gas pada sumur MRA-04 dengan simulator prosper laju injeksi gas optimum 0,589 MMSCFD, Gas Liquid Ratio Optimum 94000 SCF/BBL, tekanan injeksi gas 550,5 psi, laju produksi liquid 85 BFPD dan laju produksi minyak 9,5 BOPD sehingga terjadi kenaikan dari laju produksi sebelumnya sebesar 34,92 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 21 Jan 2021 05:59
Last Modified: 21 Jan 2021 05:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24368

Actions (login required)

View Item View Item