PERANCANGAN PERBAIKAN SISTEM VENTILASI PADA RUANGAN UNTUK MENURUNKAN SUHU LINGKUNGAN KERJA (Studi kasus pada KUB Kebun Makmur Pak Sumijo, Jalan Kaliurang Km. 20, Sleman.)

Marpaung, Chamelia Ulfahera (2021) PERANCANGAN PERBAIKAN SISTEM VENTILASI PADA RUANGAN UNTUK MENURUNKAN SUHU LINGKUNGAN KERJA (Studi kasus pada KUB Kebun Makmur Pak Sumijo, Jalan Kaliurang Km. 20, Sleman.). Other thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
3 COVER.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

Kondisi termal pada lingkungan kerja masih menjadi salah satu aspek yang sangat penting untuk diperhatikan, kondisi termal yang tidak optimal dapat menjdi beban tambahan terhadap para pekerja. KUB Kebun makmur merupakan koperasi yang bergerak pada bidang usaha produksi kopi. pada hasil observasi menunjukan suhu rata-rata 31,92 ͦ c disetiap titik pekerja yang melakukan aktivitas pekerjaan. para pekerja, sehingga pekerja memiliki keluhan ketidaknyamanan kaena kondisi termal yang tidak optimal. Makadari itu perlunya usaha penuruan suhu agar kondisi termal pada lingkungan kerja menjadi lebih optimal. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan suatu perancangan perbaikan sistem ventilasi berdasarkan temperatur pada ruangan produksi sebagai usaha penurunan suhu . Usulan rancangan perbaikan dimulai dari mengetahui berapa tingkat skala kenyamanan termal pekerja pada ruang produksi. Setelah itu dilakukan analisis usulan perancangan perbaikan ventilasi yang dimulai dari menentukan jenis dan kebutuhan ventilasi dengan kebutuhan ruang kerja dan dilakukan pengukuran tingkat kenyamanan termal dengan menggunakan metode Predicted Mean Vote (PMV) dan Predicted Percentage Dissatisfied (PPD). Hasil dari penelitian ini yaitu merancang sistem ventilasi dengan memasang dua buah turbin ventilator L-45. Penambahan turbin tersebut dapat menurunkan suhu awal ruangan 31,92 ͦ C menjadi 28.94 ͦ C dan menurunkan nilai PMV dari 3,09 menjadi 2,34. Hasil yang didapat menjadikan kondisi termal lebih optimal dari sebelumnya sehingga mengurangi keluhan dan para pekerja dan meningkatkan kenyamanan pada lingkungan kerja.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem Ventilasi, Kenyamanan Termal Lingkungan Kerja, Predicted Mean Vote ( PMV), Predicted Percentage Dissatisfied (PPD)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 21 Jan 2021 05:01
Last Modified: 21 Jan 2021 05:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24364

Actions (login required)

View Item View Item