PENERAPAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY DALAM SISTEM INVENTORI PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA UMKM ”BAWANG GORENG KRIUK” DESA PARANGTRITIS KABUPATEN BANTUL

Sulistyo, Prihantoro (2021) PENERAPAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY DALAM SISTEM INVENTORI PERSEDIAAN BAHAN BAKU PADA UMKM ”BAWANG GORENG KRIUK” DESA PARANGTRITIS KABUPATEN BANTUL. Other thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan Pembimbing.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Barker adalah sebuah UMKM yang bergerak di bidang kuliner yang berfokus pada pembuatan olahan bawang merah, Ketersediaan bahan baku sangat berpengaruh terhadap produksi. UMKM Barker kesulitan menghadapi permasalahan dengan tingginya angka produksi membuat sistem manajemen usaha yang masih menggunakan media tulis di buku dengan berbagai resiko kekeliruan yang masih cendorong tinggi dan permasalahan pengendalian bahan baku yang belum begitu optimal yang mengakibatkan kelebihan dan kekurangan bahan baku sehingga dapat menimbulkan kerugian biaya. sistem inventori bahan baku menggunakan metode Economic Order Quantity dengan tujuan meningkatkan tingkat pemesanan bahan baku yang efektif di bulan berikutnya. Bedasarkan permintaan bahan baku untuk bulan September 2020 dibutuhkan sebanyak 190 Kg bawang merah mentah. Pemesanan bahan baku yang efektif dengan menerapkan metode EOQ sebesar 10,33 Kg. pemesanan bahan baku bawang merah selama sebulan dilakukan sebanyak 8 kali dengan interval waktu 4 hari dalam sekali pesan. Dengan adanya sistem ini maka penghematan biaya bahan baku senilai Rp. 150.591,- atau 39 % jika dibandikan tanpa sistem inventori ini.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Economic Order Quantity, Sistem Inventori, Persediaan bahan baku.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 21 Jan 2021 04:47
Last Modified: 21 Jan 2021 04:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24361

Actions (login required)

View Item View Item