ANALISIS DATA GRAVITASI DAN GEOMAGNETIK UNTUK MENDELINIASI ZONA POTENSI ENDAPAN BAHAN GALIAN TIMAH PRIMER PADA DESA PENAGAN, KEC.MENDO BARAT, KAB.BANGKA, KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

JIWANDONO, TITO WALUYO (2020) ANALISIS DATA GRAVITASI DAN GEOMAGNETIK UNTUK MENDELINIASI ZONA POTENSI ENDAPAN BAHAN GALIAN TIMAH PRIMER PADA DESA PENAGAN, KEC.MENDO BARAT, KAB.BANGKA, KEPULAUAN BANGKA BELITUNG. Other thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Intrisari.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung termasuk dalam sabuk timah Asia (tin belt zone) telah menjadi salah satu penghasil timah terbesar di dunia. Endapan timah primer merupakan endapan timah yang biasanya berkaitan dengan intrusi batuan beku granit dan terbetuk dalam sistem endapan greisen. Adanya kontras sifat fisik seperti kemagnetan dan densitas pada batuan bawah permukaan, memungkinkan dilakukannya survei geofisika melalui beberapa metode, seperti geomagnetik dan gravitasi. Penelitian terletak di desa Penagan, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Penelitian ini memanfaatkan dua metode geofisika berupa metode gravitasi dan geomagnetik. Metode gravitasi digunakan dalam mendeteksi struktur geologi dan zona ubahan, sedangkan metode geomagnetik digunakan dalam mendeteksi keberadaan batuan beku. Akuisisi data gravitasi dilakukan pada area dengan luas 65 km dengan sebaran data secara gridding berjarak 250 m, sedangkan akuisisi data geomagnetik dilakukan pada area dengan luas 25 km 2 dengan jarak antar lintasan 200 m dan jarak antar titik 50 m. Analisis peta tilt derivative pada data gravitasi menunjukan adanya sepuluh 2 struktur geologi berarah baratlaut – tenggara yang dicirikan dengan fase 0 . Analisis pada peta Second Vertical Derivative data gravitasi terlihat 8 lokasi yang diindikasikan keberadaan struktur geologi dengan arah orientasi relatif barat laut – tenggara. Analisis peta analytic signal data gravitasi dan geomagnetik diiterpretasikan terdapat empat zona batuan intrusi granit, zona tersebut tersebar di sisi barat, tengah dan utara daerah penelitian. Zona tersebut memiliki nilai amplitudo 0.008 – 0.01 mGal/m dan 0.017 – 0.053 nT/m . Zona ubahan diinterpretasikan dengan mendeliniasi anomali bernilai -1.6 – 0.1 mGal pada peta anomali residual data gravitasi. Pada daerah penelitian diiterpretasikan terdapat zona ubahan yang cukup luas berorientasi timurlaut – baratdaya. Penelitian ini menghasilakan area rekomendasi guna eksplorasi detil seluas 16.5 km o .

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: endapan timah primer, gravitasi, geomagnetik
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Geography
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 19 Jan 2021 04:17
Last Modified: 19 Jan 2021 04:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24344

Actions (login required)

View Item View Item