PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM MEMBANGUN KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA (Kasus Kelompok Wanita Tani Surya Hijau dan Mina Julantoro, Mantrijeron Yogyakarta)

Senjawati, Nanik Dara and Utami, Heni Handri and Herastuti, Heti and Sasmita, Ellen Rosyelina (2021) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM MEMBANGUN KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA (Kasus Kelompok Wanita Tani Surya Hijau dan Mina Julantoro, Mantrijeron Yogyakarta). In: Seminar Nasional Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta 2020, 14 Oktober 2020, Eastparc Hotel Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3 Full Paper_Nanik Dara Senjawati.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

Perempuan sebagai bagian dari proses pembangunan perlu didorong untuk menjadi berdaya. Kelompok Wanita Tani Surya Hijau dan Mina Julantoro sebagai pelopor pembangunan secara sadar telah melakukan kegiatan pemberdayaan melalui pelatihan agribisnis dari hulu sampai hilir. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa (1) peserta telah memahami tentang budidaya sayuran secara vertikultur dan pembuatan pupuk organic cair (POC), (2) lebih dari 90% sayuran organik yang ditanam peserta berhasil tumbuh dengan baik dan peserta dapat membuat pupuk organic cair untuk memupuk tanaman sayur, (3) peserta telah mampu membuat olahan berbahan dasar sayur dan ikan. Edukasi dan pelatihan yang telah dilakukan diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan perempuan dalam membangun ketahanan pangan rumahtangga yang semakin kuat dan berkelanjutan. Kata Kunci : Ketahanan Pangan, Pemberdayaan Perempuan

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Ketahanan Pangan, Pemberdayaan Perempuan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.P., M.Sc Danar Wicaksono
Date Deposited: 20 Jan 2021 07:37
Last Modified: 20 Jan 2021 08:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24305

Actions (login required)

View Item View Item