PARTISIPASI PETANI DALAM PROGRAM PENANGKARAN BENIH PADI DI CV. KARYA MANDIRI DESA CENGKALSEWU KECAMATAN SUKOLILO KABUPATEN PATI

Retnowati, Daru and Permai, Ni Made Suyastiri Yan and Ibrahim, Panji Wahyu (2021) PARTISIPASI PETANI DALAM PROGRAM PENANGKARAN BENIH PADI DI CV. KARYA MANDIRI DESA CENGKALSEWU KECAMATAN SUKOLILO KABUPATEN PATI. In: Seminar Nasional Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta 2020, 14 Oktober 2020, Eastparc Hotel Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3 Full Paper_Daru Retnowati.pdf

Download (378kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dimensi partisipasi petani dan unsur partisipasi petani dalam program penangkaran benih padi yang dijalankan oleh CV. Karya Mandiri di Desa Cengkalsewu Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini menggunakan kolaborasi pentahelix dalam mendukung pemberdayaan masyarakat desa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan teknik penentuan informan menggunakan cara purposive sampling atau dengan cara sengaja. Informan untuk penelitian ini adalah Direktur Perusahaan CV. Karya Mandiri, Ketua Kelompok Tani Murni bentukan perusahaan dan Kepala Desa Cengkalsewu. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan teknik triangulasi untuk menentukan keabsahan teknik data. Hasil penelitian dari dimensi partisipasi petani dalam program penangkaran benih padi ada tiga tahapan yaitu petani berpartisipasi pada perencanaan awal program, selanjutnya pada pelaksanaan budidaya, kemudian pada penerimaan atau pemanfaatan hasil program berupa uang dan pemberdayaan. Hasil penelitian dari unsur partisipasi petani ada tiga tahapan yaitu petani berpartisipasi secara mental dan perasaan, petani bersedia memberi sesuatu kepada kelompok dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap anggota. Kata kunci: benih, dimensi, partisipasi, penangkaran, unsur.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: benih,dimensi, partisipasi, penangkaran, unsur.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.P., M.Sc Danar Wicaksono
Date Deposited: 20 Jan 2021 08:24
Last Modified: 20 Jan 2021 08:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24304

Actions (login required)

View Item View Item