POTENSI KONSORSIUM BAKTERI ENDOFIT DALAM MENEKAN PERKEMBANGAN PENYAKIT LAYU STEWART OLEH Pantoea stewartii subsp. stewartii PADA TANAMAN JAGUNG

Rambe, Nita Nitona and Khairul, Ujang and Rahma, Haliatur (2021) POTENSI KONSORSIUM BAKTERI ENDOFIT DALAM MENEKAN PERKEMBANGAN PENYAKIT LAYU STEWART OLEH Pantoea stewartii subsp. stewartii PADA TANAMAN JAGUNG. In: Seminar Nasional Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta 2020, 14 Oktober 2020, Eastparc Hotel Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 Full Paper_Nita Nita Nitona Rambe.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Konsorsium bakteri endofit merupakan gabungan dari beberapa agens biokontrol berbeda spesies, yang saling bersinergis dan tidak saling menghambat perkembangan satu sama lainnya. memberikan berbagai mekanisme pengendalian seperti kompetisi, antibiotik, induksi ketahanan dan lain-lain secara bersamaan, sehingga akan lebih efektif dalam mengendalikan patogen. Penyakit layu stewart yang disebabkan oleh bakteri Pantoea stewartii subsp. stewartii merupakan salah satu penyakit utama yang bersifat tular benih (seedborne) pada tanaman jagung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan tanaman jagung terhadap serangan penyakit layu stewart menggunakan konsorsium bakteri endofit. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan acak kelompok (RAK) terdiri dari 6 perlakuan, 6 ulangan, konsorsium bakteri endofit terdiri dari 3 isolat yang berbeda yaitu Alcaligenes faecalis (AJ14), Bacillus cereus (AJ34), Serratia marcescens (AR1) + kontrol positif + kontrol negatif. Percobaan dilakukan dengan perendaman benih jagung menggunakan konsorsium bakteri endofit dan inokulasi Pantoea stewartii subsp. stewartii pada bibit yang berumur 8 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsorsium bakteri endofit mampu menginduksi ketahanan tanaman jagung terhadap penyakit layu stewart. Konsorsium AJ14, AJ34, AR1 dan konsorsium AJ14, AJ34 mampu menekan perkembangan penyakit layu stewart dengan indeks penekanan penyakit 92,30% dan 76,92%. Konsorsium bakteri endofit AJ14, AJ34, AR1 terhadap perlakuan D dan konsorsium AJ14, AR1 terhadap perlakuan B mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman jagung dengan efektivitas 47,75%, 41,84%. Konsorsium AJ14, AJ34, AR1 terhadap perlakuan D memiliki kemampuan meningkatkan ketahanan tanaman dan meningkatkan pertumbuhan tanaman jagung. Kata kunci: bakteri endofit, biokontrol, induksi ketahanan, konsorsium, Pantoea stewartii subsp. stewartii.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: bakteri endofit, biokontrol, induksi ketahanan, konsorsium, Pantoea stewartii subsp. stewartii.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.P., M.Sc Danar Wicaksono
Date Deposited: 20 Jan 2021 08:49
Last Modified: 20 Jan 2021 08:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24298

Actions (login required)

View Item View Item