IMPLEMENTASI KOMUNIKASI BENCANA DALAM MENGHADAPI TANGGAP DARURAT ERUPSI GUNUNG MERAPI (Studi Deskriptif pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Kabupaten Sleman)

Herfianto, Arif (2020) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI BENCANA DALAM MENGHADAPI TANGGAP DARURAT ERUPSI GUNUNG MERAPI (Studi Deskriptif pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Kabupaten Sleman). Masters thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Setiap tempat tinggal, memiliki potensi bencana alam yang beresiko. Bahkan disejumlah kawasan, interaksi dengan bencana adalah suatu kelaziman yang tidak bisa terhindarkan. Sangat disayangkan, dengan kondisi tersebut masyarakat masih belum menyadari dan belum ada tindakan pengelolaan maupun penanganan bencana yang baik. Peran komunikasi kebencanaan sangat dibutuhkan, mengingat akhir akhir ini bencana alam bermunculan. Komunikasi bencana tidak saja dibutuhkan dalam kondisi darurat bencana, tetapi juga penting pada saat dan pra bencana, mempersiapkan masyarakat didaerah rawan bencana tentu harus senantiasa dilakukan. Kurang tepatnya dalam mengkomunikasikan sebuah informasi, bisa menimbulkan ketidak pastian suatu informasi yang dapat memperburuk situasi. Peran pemerintah sangatlah (BPBD) di butuhkan untuk mengantisipasi terjadinya korban dan yang paling penting dalam pendistribusian informasi. Kecepatan pendistribusian informasi kepada masyarakat sangatlah berpengaruh terhadap terjadinya krisis komunikasi yang mengakibatkan kebingungan masyarakat dalam hal mengambil keputusan. Penelitian ini merupakan penelitian desktiptif kualitatif dengan informan utama dari BPBD Sleman dan masyarakat Kecamatan Cangkringan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung di lapangan dan dokumentasi. Dari hasil wawancara, observasi dilapngan bahwa sumber komunikasi kebencanaan di jabarkan menjadi empat yaitu sumber komunikasi kebencanaan, karakteristik pesan tanggap darurat bencana, saluran komuikasi kebencanaan, dan keterjangkauan serta kecepatan informasi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: tanggap darurat bencana, komunikasi bencana, komunikasi krisi, BPBD, Sleman
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 13 Jan 2021 03:29
Last Modified: 13 Jan 2021 03:29
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24257

Actions (login required)

View Item View Item