PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN DOSIS PUPUK DAUN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERUNG (Solanum melongena L.)

NUGRAHA, PRAYOGA (2020) PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN DOSIS PUPUK DAUN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERUNG (Solanum melongena L.). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Abstrak Prayoga.pdf]
Preview
Text
2. Abstrak Prayoga.pdf

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 3. daftar isi.pdf]
Preview
Text
3. daftar isi.pdf

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 4. lembar pengesahan.pdf]
Preview
Text
4. lembar pengesahan.pdf

Download (368kB) | Preview
[thumbnail of 5. COVER.pdf]
Preview
Text
5. COVER.pdf

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya peningkatan hasil tanaman terung dapat dilakukan dengan penggunaan komposisi media tanam dan pupuk Gandasil B. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi komposisi media tanam dengan pupuk Gandasil B, menentukan komposisi media yang terbaik dan menentukan dosis pupuk Gandasil B yang terbaik. Penelitian dilaksanakan di Kebun UPN Veteran Yogyakarta, Condongcatur, Sleman pada bulan Januari - April 2020. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap dua faktor (3x3) + kontrol dengan 3 ulangan dan 10 tanaman setiap unit percobaan. Faktor pertama komposisi media tanam yang terdiri dari 3 taraf yaitu Tanah : Sekam Padi : Pupuk Kotoran Sapi dengan perbandingan (2:1:1), (1:2:1), dan (1:1:2). Faktor kedua dosis pupuk Gandasil B yang terdiri dari 3 taraf yaitu 0,04, 0,08, dan 0,12 g/tanaman. Ditambah kontrol menggunakan media Tanah : Pupuk Kotoran Sapi 1 kg/polybag dan pupuk NPK Mutiara (16:16:16) dengan dosis 2,5 g/tanaman. Hasil penelitian menunjukkan kontrol memberikan hasil terbaik pada parameter tinggi tanaman, jumlah cabang, dan saat berbunga. Komposisi media tanam Tanah : Sekam Padi : Pupuk Kotoran Sapi (1:1:2) memberi hasil terbaik pada parameter tinggi tanaman, jumlah cabang, saat berbunga, jumlah bunga, diameter buah, panjang buah, dan bobot buah. Dosis pupuk Gandasil B 0,12 g/tanaman memberikan hasil terbaik pada parameter panjang buah. Tidak ada interaksi antara kombinasi perlakuan komposisi media tanam dengan pupuk Gandasil B pada setiap parameter yang diamati.
Kata kunci : Terung, media tanam, pupuk daun

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Terung, media tanam, pupuk daun
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 06 Jan 2021 04:25
Last Modified: 14 Mar 2023 04:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24248

Actions (login required)

View Item View Item