PENGOLAHAN CITRA DIGITAL UNTUK MENGHITUNG JUMLAH POHON CABAI BERDASARKAN AJIR MENGGUNAKAN METODE KLASIFIKASI BERBASIS OBJEK

Setyawan, Arif (2020) PENGOLAHAN CITRA DIGITAL UNTUK MENGHITUNG JUMLAH POHON CABAI BERDASARKAN AJIR MENGGUNAKAN METODE KLASIFIKASI BERBASIS OBJEK. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 3. COVER.pdf]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Tanaman cabai (Capsicum) adalah tumbuhan perdu yang berkayu, dan buahnya berasa pedas yang biasanya digunakan sebagai bumbu masak. Budidaya cabai menjadi peluang usaha yang masih sangat menjanjikan, bukan hanya untuk pasar lokal saja namun juga berpeluang untuk memenuhi pasar ekspor. Dalam budidaya tanaman cabai juga diperlukan pemasangan ajir dalam perawatannya. Masalah yang dialami oleh petani dalam budidaya tanaman cabai adalah menghitung jumlah pohon cabai yang ada disekitar lahan untuk mengetahui berapa banyak pohon cabai yang ada pada lahan. Hal ini dikarenakan kurangnya sumber daya manusia untuk menghitung jumlah pohon cabai secara manual serta tidak adanya sistem yang dapat mempermudah perhitungan pohon cabai. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menggunakan pengolahan citra dengan motode klasifikasi berbasis objek dengan model find contour. Klasisfikasi berbasis objek menggunakan model find contour memiliki kelebihan dalam menghubungkan titik-titik yang memiliki ketinggian yang sama sehingga mempermudah mengklasifikan jumlah pagar bambu yang telah diberi titik warna yang mewakili pohon cabai pada sampel gambar. Find contour membaca setiap bentuk lingkaran pada piksel gambar, yaitu titik warna yang terdapat pada sampel gambar yang digunakan. Selanjutanya titik-titik tersebut diberi kotak untuk dijumlahkan untuk mendapatkan nilai jumlah pohon cabai yang ada pada kebun. Pembuatan sistem menggunakan bahasa pemrograman PHP dan library OpenCV. Berdasarkan pengujian terhadap 7 data citra, hasil akurasi sistem untuk menghitung jumlah pohon cabai mencapai 96,27% .
Katakunci: Pengolahan Citra,tanaman cabai, find contour.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengolahan Citra,tanaman cabai, find contour.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 06 Jan 2021 02:59
Last Modified: 19 Jan 2023 07:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24244

Actions (login required)

View Item View Item