UJI LABORATORIUM DAN STUDI MINERALOGI DEPOSIT BENTONITE LOKAL (BLITAR) SEBAGAI BAHAN DASAR LUMPUR PEMBORAN

DERDAYANSYAH, ARYO (2020) UJI LABORATORIUM DAN STUDI MINERALOGI DEPOSIT BENTONITE LOKAL (BLITAR) SEBAGAI BAHAN DASAR LUMPUR PEMBORAN. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2 Abstrak.pdf

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 3 Cover.pdf]
Preview
Text
3 Cover.pdf

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of 4 Lembar Pengesahan (TTD Pembimbing).pdf]
Preview
Text
4 Lembar Pengesahan (TTD Pembimbing).pdf

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 5 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5 Daftar Isi.pdf

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of 6 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6 Daftar Pustaka.pdf

Download (386kB) | Preview
[thumbnail of 1-Skripsi-Full.pdf] Text
1-Skripsi-Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Bentonite merupakan lempung (clay) yang mempunyai sifat plastis dan koloidal yang tinggi, dengan kandungan mineral smectite atau monmorilonite. Endapan bentonite cukup banyak di Indonesia, salah satunya terdapat di wilayah Blitar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah sifat fisik lumpur bentonite yang terdapat di Blitar sudah memenuhi standar API spec 13A dan apakah merupakan jenis mineral smectite atau monmorilonite.
Metodologi penelitian yang dilakukan yaitu Raw Material dari lapangan dilakukan pentirisan, penggerusan dan pengayakan untuk mendapatkan bubuk bentonite 200 mesh yang akan digunakan untuk bahan penelitian selanjutnya. Pengujian yang dilakukan yaitu pengujian sifat fisik lumpur bentonite Blitar, meliputi viscositas plastic, yield point, gel strength, filtration loss, ketebalan mud cake, dan pH. Serta usaha identifikasi terhadap jenis mineral yang terkandung yaitu dengan menggunakan alat X-Ray Diffraction (X-RD).
Hasil pengujian bentonite Blitar, diperoleh sifat fisik lumpur (rheologi dan filration loss) pada sampel bentonite Blitar, yaitu Dial Reading RPM 600 = 4 derajat dan Dial Reading RPM 300 = 3 derajat, Plastic Viscosity (PV) = 1 cp, Yield Point (YP) = 2 lb/100 ft2, Gel Strength 10 detik = 1 lb/100 ft2, Gel Strength 10 menit = 2 lb/100 ft2, Filtration Loss = 320 cc/30 menit, ketebalan Mud Cake = 0,45 cm dan pH = 8. Hasil pengujian sampel bentonite Blitar dengan menggunakan X-Ray Diffraction (XRD) mineral yang terkandung merupakan bentuk pencampuran antara mineral Calcite dan Quartz dengan kandungan mineral smectite yang sangat kecil. Berdasarkan hasil uji sifat fisik lumpur (rheologi dan filtration loss) dan analisa uji kandungan mineral pada sampel bentonite Blitar ternyata tidak memenuhi Standart API spec 13 A, sebagai bahan dasar lumpur pemboran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: penggerusan dan pengayakan untuk mendapatkan bubuk bentonite 200 mesh yang akan digunakan untuk bahan penelitian selanjutnya.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 06 Jan 2021 02:41
Last Modified: 19 Jan 2023 08:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24242

Actions (login required)

View Item View Item