KONTRAK PENELITIAN FUNDAMENTAL TAHUN ANGGARAN 2015 DENGAN JUDUL PERAN NON-MARKET CAPABILITY DALAM MEMODERASI LINGKUNGAN, STRATEGI DIVERSIFIKASI TERHADAP KINERJA: STUDI PADA BANK UMUM DI JAWA TIMUR

Sabihaini, Sabihaini and Prasetio, Januar Eko (2015) KONTRAK PENELITIAN FUNDAMENTAL TAHUN ANGGARAN 2015 DENGAN JUDUL PERAN NON-MARKET CAPABILITY DALAM MEMODERASI LINGKUNGAN, STRATEGI DIVERSIFIKASI TERHADAP KINERJA: STUDI PADA BANK UMUM DI JAWA TIMUR. UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
L1-Kontrak Penelitian2014-2015.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilaksanakan dalam dua (2) tahun.Tujuan penelitian adalah untuk mendiskripsikan serta menguji dan menganalisis peran non market capability dalam memoderasi regulasi pemerintah terhadap kinerja; (2) menguji dan menganalisis peran strategi diversifikasi dalam memediasi sumber daya, kompleksitas lingkungan, regulasi pemerintah terhadap kinerja; dan (3) mengidentifikasi, menguji, dan menganalisis perbedaan konsentrasi kegiatan bank antara bank pemerintah dengan swasta menurut UU RI No 10 Tahun 1998. Jenis penelitian ini adalah survei dengan menggunakan kuesioner secara tertutup dan terbuka yang dikirimkan dan atau diberikan kepada para Pimpinan Kepala Cabang Bank Umum di Jawa Timur. Populasi penelitian Bank Umum sebayak 358 unit Kantor Cabang (KC) dengan populasi Target yakni Bank Umum yang masuk dalam peringkat sepuluh (10) besar berkinerja baik dengan sampling jenuh sebayak 253. Unit Analisis organisasi bank dengan level kantor cabang. Untuk mencapai tujuan dan target luaran penelitian akan digunakan teknik statistik Structural Equation Modeling dan Independent Sample T Test. Berdasarkan hasil tanggapan pimpinan cabang (responden sampel) terhadap kompleksitas lingkungan, non market capability, lingkungan, strategi diversifikasi, dan kinerja menunjukkan bahwa kompleksitas lingkungan (perubahan selera konsumen, tingkat persaingan, perubahan perilaku pemasok, dan perkembangan teknologi), regulasi pemerintahdan BI, sumberdaya, kapabilitas non-market dipersepsikan cenderung tinggi. Concentrit rate (CR) 123 kantor cabang bank selama tiga (2010-2012) sebesar 44.85%. Jika diamati dari besarnya rata-rata CR tersebut menunjukkan bahwa selama kurun waktu tersebut perbankan sampel di JawaTimur memiliki tingkat diversifikasi cenderung tinggi. Sedangkan kinerja perbankan secara keseluruhan (dari 123 bank umum) adalah sehat. Secara general seluruh variabel dinilai responden adalah positif.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Dr. SE.MSi SABIHAINI SABIHAINI
Date Deposited: 28 Dec 2020 02:51
Last Modified: 28 Dec 2020 02:52
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24236

Actions (login required)

View Item View Item