ANALISIS KARAKTERISTIK DAN HETEROGENITAS LAPISAN BATUBARA BERDASARKAN DATA GEOFISIKA WELL LOGGING PADA DAERAH KUTAI TIMUR, KALIMANTAN TIMUR

PRATAMA, GILANG (2020) ANALISIS KARAKTERISTIK DAN HETEROGENITAS LAPISAN BATUBARA BERDASARKAN DATA GEOFISIKA WELL LOGGING PADA DAERAH KUTAI TIMUR, KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of 3. Cover.pdf]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (475kB) | Preview
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of 5. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6. Daftar Pustaka.pdf

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of FULL-SKRIPSI.pdf] Text
FULL-SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Lapisan batubara pada daerah Karangan, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur memiliki karakteristik berbeda dan sifat heterogenitas lapisan batubara. Informasi tentang karakteristik dan sifat heterogenitas menjadi pedoman dalam menentukan lapisan layak tambang.
Penelitian dilakukan berdasarkan data geofisika well logging (log gamma ray, log long density, log short density, dan log caliper) dengan 13 titik pengukuran. Data well logging ditampilkan dalam bentuk kurva defleksi dan dilakukan interpretasi litologi menggunakan software geolog. Selanjutnya dilakukan korelasi on-strike dan cross-strike untuk mengetahui pola persebaran dan karakteristik lapisan batubara. Data rekaman log gamma ray dan long density dilakukan perhitungan untuk menghitung nilai vshale dan densitas lapisan batubara yang kemudian ditampilkan kedalam grafik terhadap umur relatif lapisan dan peta persebaran untuk mengetahui sifat heterogenitas dalam lapisan batubara dan persebaran nilai Vshale dan densitas lapisan batubara, selanjutnya dilakukan analisis.
Berdasarkan interpretasi litologi diketahui pada daerah penelitian terdapat litologi batubara, batupasir, batulempung, dan batugamping. Hasil korelasi well logging diketahui pola kemenerusan batubara utara-selatan dengan kemiringan 56° - 65° kearah barat serta mengalami penebalan, penipisan, dan ketidakmenerusan yang dikontrol morfologi dasar cekungan dan proses sedimentasi. Lapisan batubara tersebut memiliki beberapa seam lapisan dengan nilai vshale tertinggi 11% dan terendah 1% dan nilai densitas tertinggi 1,63 gr/cc dan nilai densitas terkecil 1,38 gr/cc. Berdasarkan grafik Vshale dan densitas terhadap umur relatif didapatkan trend nilai negatif atau turun kearah lapisan batubara yang berumur relatif lebih muda. Sifat Heterogenitas dalam tubuh lapisan batubara ditinjau dari kandungan Vshale dan densitas yang dikontrol oleh keberadaan cleats dan gaya tekan atau pembebanan oleh lapisan overburden.
Kata Kunci : well logging, Batubara, Vshale dan densitas

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: well logging, Batubara, Vshale dan densitas
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 14 Dec 2020 05:58
Last Modified: 24 Jan 2023 02:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24146

Actions (login required)

View Item View Item