PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI DENGAN VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOWS MEMPERTIMBANGKAN PERUBAHAN PERMINTAAN UNTUK MINIMASI BIAYA TRANSPORTASI (Studi kasus di CV. TWIN SETIA, Yogyakarta)

Kamal, Dimas Mustafa (2020) PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI DENGAN VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOWS MEMPERTIMBANGKAN PERUBAHAN PERMINTAAN UNTUK MINIMASI BIAYA TRANSPORTASI (Studi kasus di CV. TWIN SETIA, Yogyakarta). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (467kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL.pdf] Text
SKRIPSI-FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

CV. Twin Setia merupakan suatu perusahaan jasa distribusi yang menjalankan
fungsinya sebagai distributor roti dengan merk dagang Sari Roti. Transportasi yang
digunakan dalam melakukan distribusi ini adalah kendaraan jenis mobil. Dalam
melakukan kegiatan distribusi dilakukan oleh seorang sales. Seorang sales yang bertugas
melakukan distribusi dalam menentukan rute hanya berdasarkan intuisi dari sales itu
sendiri. Kegiatan distribusi yang mengandalkan intuisi sales bisa mengakibatkan
ketidakefektifan dalam menjalan distribusi sehingga akan menyebabkan pemborosan.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan berjumlah 4 metode yang diawali
dengan metode pengklasteran yaitu menggunakan algoritma sweep dan juga saving
matrix dan dilanjutkan dengan metode pengurutan menggunakan Nearest insertion
heuristic dan Nearest Neighbor. Keseluruhan metode memperhatikan jarak tempuh dan
waktu tempuh. Dengan membandingkan metode tersebut akan didapatkan hasil berupa
rute distribusi yang efektif dan efisien secara waktu dan jarak yang akan berpengaruh ke
biaya.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan metode yang terpilih adalah metode
pengklasteran algoritma sweep dan metode pengurutan menggunakan metode Nearest
Neighbor. Pada rute awal perusahaan total jarak tempuh adalah 114.77 km sedangkan
hasil yang didapatkan dari rute hasil penelitian adalah 49.07 km. Dari segi biaya yang
dikeluarkan antara rute awal perusahaan dan rute hasil penelitian dapat mengefektifkan
hingga 57,244% biaya harian. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa penelitian yang
dilakukan menghasilkan biaya yang lebih rendah daripada rute awal milik perusahaan.
Kata Kunci : Rute Distribusi, Algortima Sweep, Saving Matrix, Nearest Insertion
Heuristic, Nearest Neighbor

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Rute Distribusi, Algortima Sweep, Saving Matrix, Nearest Insertion Heuristic, Nearest Neighbor
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 14 Dec 2020 02:52
Last Modified: 24 Jan 2023 03:57
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24135

Actions (login required)

View Item View Item