RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.) TERHADAP KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH PACLOBUTRAZOL DAN PUPUK KALIUM NITRAT (KNO3)

Ortala, Nabila Eska (2020) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L.) TERHADAP KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH PACLOBUTRAZOL DAN PUPUK KALIUM NITRAT (KNO3). Other thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK NABILA ESKA ORTALA 134160188.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (346kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendapatkan kombinasi konsentrasi yang tepat antara paclobutrazol dan pupuk Kalium Nitrat (KNO3) untuk pertumbuhan dan hasil tanaman mentimun. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Februari sampai dengan Bulan Mei 2020 di Kampung Sayur Tarudan, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap, yang terdiri dari dua faktor ditambah satu kontrol (tanpa paclobutrasol dan pupuk KNO3). Faktor pertama adalah konsentrasi zat pengatur tumbuh paclobutazol (P) yang terdiri dari 3 taraf yaitu (P1) 200 ppm; (P2) 400 ppm; (P3) 600 ppm. Faktor kedua adalah konsentrasi Pupuk KNO3 (K) yang terdiri dari 3 taraf yaitu 6 gr/l (K1); 8 gr/l (K2); 8 gr/l (K3); 10 gr/l (K3). Tanaman kontrol merupakan tanaman tanpa perlakuan paclobutrazol dan pupuk KNO3. Data dianalisis dengan menggunakan Sidik Ragam pada taraf 5%. Untuk mengetahui ada beda nyata antara kontrol dengan perlakuan dilakukan uji Contras Orthogonal taraf 5% dan apabila terdapat beda nyata antar perlakuan maka dilanjutkan uji Jarak Berganda Duncan pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan adanya interaksi antara perlakuan paclobutrazol dan pupuk KNO3 pada parameter diameter batang 40 HST, jumlah daun 40 HST, rasio bunga betina dan jantan, jumlah buah, bobot buah pertanaman, dan bobot buah perpetak. Paclobutrazol 400 ppm nyata lebih baik pada parameter jumlah bunga betina, rasio bunga betina dan jantan, jumlah buah, bobot buah pertanaman, dan bobot buah perpetak. Pupuk KNO3 10 g/l nyata lebih baik pada parameter diameter batag 40 HST, jumlah bunga jantan, jumlah bunga betina, rasio bunga betina dan jantan, bobot buah pertanaman, dan bobot buah perpetak. Kata kunci: Mentimun, paclobutrazol, pupuk KNO3

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 08 Dec 2020 05:03
Last Modified: 08 Dec 2020 05:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24097

Actions (login required)

View Item View Item