OPTIMALISASI DOSIS KOAGULAN UNTUK MENGATASI KEKERUHAN DENGAN SET POINT 3 NTU DAN 6 NTU PADA CLARIFIER IPA 1A PERUMDAM TIRTA WIJAYA CILACAP

Nawahesti, Angghita (2020) OPTIMALISASI DOSIS KOAGULAN UNTUK MENGATASI KEKERUHAN DENGAN SET POINT 3 NTU DAN 6 NTU PADA CLARIFIER IPA 1A PERUMDAM TIRTA WIJAYA CILACAP. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN 1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

PDAM Tirta Wijaya Kabupaten Cilacap didirikan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Daerah Tingkat II Cilacap Nomor 10 tahun 1989 tentang Pendirian Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Daerah Tingkat II Cilacap sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan peraturan Daerah Kabupaten Cilacap Nomor 12 Tahun 2004. PDAM Tirta Wijaya Kabupaten berubah menjadi PERUMDAM Tirta Wijaya Kabupaten Cilacap berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Cilacap Nomor 5 Tahun 2019 Tentang Perusahan Umum Daerah Air Minum Tirta Wijaya Kabupaten cilacap pada Bab II Pasal 2 Ayat 1 yang berbunyi “Dengan Peraturan Daerah ini bentuk badan hukum Perusahaan Air Minum Tirta Wijaya Kabupaten Cilacap yang didirikan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Cilacap Nomor 3 Tahun 2013 tentang Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Wijaya Kabupaten Cilacap, beralih menjadi Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Wijaya Kabupaten Cilacap” dan ayat 2 yang berbunyi “Dengan perubahan bentuk badan hukum sebagaimana dimaksud pada ayat (1), maka hak, kewajiban, kekayaan, usaha kepegawaian dan perizinan Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Wijaya Kabupaten Cilacap beralih menjadi hak, kewajiban, kekayaan, usaha, kepeawaian dan perizinan Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Wijaya Kabupaten Cilacap”. Di Instalasi Pengolahan Air (IPA) 1 PERUMDAM Tirta Wijaya Kabupaten Cilacap, dalam pengolahannya menggunakan beberapa alat seperti clarifier, filter, water storage, pompa dossing dll. Clarifier merupakan alat utama dalam proses pengolahan air bersih yang terdiri dari 3 proses yaitu koagulasi, flokulasi dan sedimentasi. Serangkaian proses tersebut merupakan proses yang sangat penting sebelum dilakukannya filtrasi dimana semua partikel yang tidak dibutuhkan akan tersaring dan terpisah dari air bersih sebagai produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: OPTIMALISASI DOSIS KOAGULAN UNTUK MENGATASI KEKERUHAN
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 25 Nov 2020 04:14
Last Modified: 25 Nov 2020 04:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24054

Actions (login required)

View Item View Item