ANALISIS PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI DENGAN PENDEKATAN VEHICLE ROUTING PROBLEM MEMPERTIMBANGKAN TIME WINDOWS DAN PERMINTAAN UNTUK MEMINIMASI BIAYA TRANSPORTASI (Studi kasus di CV. TWIN SETIA, Yogyakarta)

Kamal, Dimas Mustafa and Nafisah, Laila and Khannan, M. Shodiq Abdul (2020) ANALISIS PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI DENGAN PENDEKATAN VEHICLE ROUTING PROBLEM MEMPERTIMBANGKAN TIME WINDOWS DAN PERMINTAAN UNTUK MEMINIMASI BIAYA TRANSPORTASI (Studi kasus di CV. TWIN SETIA, Yogyakarta). In: Prosiding Industrial Engineering Conference (IEC) 2020 PERSPEKTIF KEILMUAN TEKNIK INDUSTRI PADA ERA NEW NORMAL, 21 November 2020, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
43. 43.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

CV. Twin Setia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang distribusi roti dengan merk dagang Sari Roti. Selama ini kegiatan distribusi dilakukan oleh sales, dimana dalam menentukan rute distribusinya hanya berdasarkan intuisi saja. Kegiatan distribusi yang mengandalkan intuisi, tentu saja tidak bisa menjamin bahwa kegiatan distribusi akan berjalan lancar. Permasalahan yang sering dihadapi adalah kurang efektifnya rute distribusi yang menyebabkan waktu pendistribusian panjang, waktu kunjungan ke beberapa outlet melebihi jam yang ditargetkan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan rute-rute pendistribusian baru sehingga dapat meminimalkan total waktu distribusi, jarak dan biaya transportasi. Metode yang digunakan untuk memecahkan masalah ini adalah membandingkan antara Algoritma Sweep dan Saving Matrix, dan dilanjutkan pengurutan dengan membandingkan antara metode Nearest Insertion Heuristic dan Nearest Neighbour. Keseluruhan metode memperhatikan jarak tempuh dan waktu tempuh. Dengan membandingkan metode tersebut diharapkan dapat menghasilkan distribusi yang lebih efektif dan efisien secara waktu dan jarak yang pada akhirnya akan berpengaruh ke biaya transportasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan metode yang terpilih adalah metode pengklasteran algoritma sweep dan metode pengurutan menggunakan metode Nearest Neighbor. Pada rute awal, total jarak tempuh adalah 114.77 km sedangkan hasil yang didapatkan dari rute hasil penelitian adalah 49.07 km. Dari segi biaya yang dikeluarkan antara rute awal perusahaan dan rute hasil penelitian dapat mengefektifkan hingga 57,244% biaya harian.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Rute Distribusi, Vehicle Routing Problem, Time Windows, Algortima Sweep, Saving Matrix, Nearest Insertion Heuristic, Nearest Neighbour
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: ST, M.Sc Astrid Wahyu Adventri Wibowo
Date Deposited: 26 Nov 2020 07:08
Last Modified: 26 Nov 2020 07:10
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24047

Actions (login required)

View Item View Item