ANALISIS POSTUR KERJA DENGAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESSMENT (RULA) UNTUK MENGURANGI RISIKO MUSCULOSKELETAL DISORDERS (MSDs) PADA BAGIAN PRODUKSI PLANT 2 (Studi Kasus di PT. Wijaya Karya Beton Tbk. Pabrik Boyolali)

Adil, Ammar Hamid and Nafisah, Laila (2020) ANALISIS POSTUR KERJA DENGAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESSMENT (RULA) UNTUK MENGURANGI RISIKO MUSCULOSKELETAL DISORDERS (MSDs) PADA BAGIAN PRODUKSI PLANT 2 (Studi Kasus di PT. Wijaya Karya Beton Tbk. Pabrik Boyolali). In: Prosiding Industrial Engineering Conference (IEC) 2020 PERSPEKTIF KEILMUAN TEKNIK INDUSTRI PADA ERA NEW NORMAL, 21 November 2020, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
39. 04.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

PT. Wijaya Karya Beton adalah salah satu anak perusahaan PT Wijaya Karya yang bergerak di bidang produksi beton. Banyak pekerja yang dilibatkan dalam proses produksi beton ini. Meskipun budaya K3 sudah diterapkan, namun masih saja banyak keluhan yang dirasakan pekerja ketika menjalankan aktivitas kerjanya yang disebabkan karena kondisi sikap kerja yang tidak benar dan menimbulkan cepat lelah, serta risiko kerja lainnya. Keluhan yang paling banyak ditemukan yaitu pada proses produksi bantalan rel kereta pada plant 2 karena seluruh proses produksi dilakukan secara manual. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis postur kerja operator agar dapat mengurangi tingkat cedera kerja dan memperbaiki postur kerjanya. Metode analisis menggunakan RULA, yang dapat digunakan secara cepat untuk menilai postur tubuh pekerja bagian atas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa postur pekerja 1 dan 2 perlu dilakukan investigasi lebih lanjut mengenai perbaikan atau penambahan alat bantu dalam aktivitas tersebut. Karena skor yang didapatkan cukup tinggi dan berisiko mengakibatkan cedera apabila tidak segera dilakukan perbaikan postur. Skor yang dihasilkan bisa menjadi lebih kecil apabila membentuk sudut yang kecil juga dengan cara mendekatkan benda kerja ke tubuh.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Postur kerja, Resiko cedera, RULA, MSDs
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: ST, M.Sc Astrid Wahyu Adventri Wibowo
Date Deposited: 26 Nov 2020 07:02
Last Modified: 26 Nov 2020 07:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24009

Actions (login required)

View Item View Item