PERBAIKAN POSTUR KERJA KARYAWAN UNTUK MEMINIMALISIR RESIKO CIDERA DENGAN PENDEKATAN BIOMEKANIKA (Studi Kasus : CV Dwi Jasa Logam, Ceper, Klaten, Jawa Tengah)

Pradiska, Arvandi Ari and Wibawa, Tri and Berlianty, Intan (2020) PERBAIKAN POSTUR KERJA KARYAWAN UNTUK MEMINIMALISIR RESIKO CIDERA DENGAN PENDEKATAN BIOMEKANIKA (Studi Kasus : CV Dwi Jasa Logam, Ceper, Klaten, Jawa Tengah). In: Industrial Engineering Conference (IEC) 2020, 21 November 2020, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
37. 35.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

CV Dwi Jasa Logam merupakan perusahan yang bergerak pada sektor industri pengecoran logam. Produk yang dihasilkan berupa part yang diperlukan dalam proses perakitan sebuah mesin molen. Proses produksi terdiri dari peleburan, pengecoran, shotblasting, machining, dan finishing.. Pada stasiun kerja pengecoran terdapat operator yang merasakan keluhan musculoskeletal berupa sakit pada bahu kiri dan kanan, lengan atas dan bawah, dan punggung belakang, aktifitas yang dilakukan operator tersebut adalah pengangkatan pulley dari stasiun kerja pengecoran ke stasiun kerja permesinan dengan keluhan rasa sakit terbesar yang dialami pekerja yaitu, sakit pada punggung 72%, lengan atas kiri dan kanan 80%, pada pinggang 92%, pada lengan bawah kiri dan kanan 72%, pada leher bagian atas 52%, bahu kiri dan kanan 52% dan kaki kiri dan kanan 52% dari 25 pekerja. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memperbaiki postur kerjanya. analisis untuk mengetahui pebedaannya.Penelitian ini bertujuan untuk merekomendasi perbaikan postur kerja pada lantai produksi untuk meminimalisir resiko cidera pada pekerja. Tindakan perbaikan yang dilakukan yaitu merancang usulan fasilitas kerja yaitu berupa forklift yang dapat disesuaikan dengan pekerja yang dapat memudahkan pekerja dalam proses pengangkatan pulley. Perhitungan menggunakan Recommeded Weigh Limit (RWL) dan Lifting Indeks (LI), didapatkan 2693,9 N atau kurang dari 6500 N yang berarti aktifitas dengan kategori aman dan minimum resiko cedera tulang belakang. Usulan fasilitas kerja yang telah dibuat dapat meringankan pekerja untuk membantu memperbaiki postur kerjanya dalam melakukan aktivitas kerja, sehingga dapat meminimalisasi resiko cidera. Kata kunci : Postur Kerja, Recommended Weight Limit (RWL), Lifting Index (LI)

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: ST, M.Sc Astrid Wahyu Adventri Wibowo
Date Deposited: 20 Nov 2020 11:23
Last Modified: 20 Nov 2020 11:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24005

Actions (login required)

View Item View Item