PENENTUAN JUMLAH KEBUTUHAN MOBIL TANGKI DALAM PROSES DISTRIBUSI BBM PADA PT PERTAMINA (PERSERO) INTEGRATED TERMINAL SEMARANG

Bakhtiar, Arfan and Akhlissa, Shara Bilqis and Suliantoro, Hery and Rosyada, Zainal Fanani and Sukarsono, Bambang Purwanggono (2020) PENENTUAN JUMLAH KEBUTUHAN MOBIL TANGKI DALAM PROSES DISTRIBUSI BBM PADA PT PERTAMINA (PERSERO) INTEGRATED TERMINAL SEMARANG. In: Industrial Engineering Conference (IEC) 2020, 21 November 2020, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
09. 13.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

Integrated Terminal Semarang merupakan salah satu unit operasi PT Pertamina (Persero) yang beroperasi di wilayah Marketing Operation Region IV. IT Semarang menggunakan mobil tangki sebagai moda transportasi untuk mendistribusikan produk BBM ke SPBU. Kebutuhan masyarakat terhadap transportasi yang meningkat akan mempengaruhi jumlah kebutuhan akan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang berujung pada peningkatan kegiatan distribusi di Terminal BBM. Hal ini tentunya akan mempengaruhi kenaikan jumlah kebutuhan mobil tangki di Terminal BBM. Metode yang digunakan untuk menentukan jumlah kebutuhan mobil tangki yang optimal yaitu metode cluster dan metode proporsional. Berdasarkan hasil perbandingan kedua metode tersebut, penggunaan metode proporsional akan lebih efisien dan menghasilkan tingkat utilitas tinggi dengan hasil sebanyak 115unit mobil tangki dengan peningkatan ritase sebesar 2,03 rit/hari yang dapat mengoptimalkan proses distribusi BBM dan memenuhi kebutuhan konsumen.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: ST, M.Sc Astrid Wahyu Adventri Wibowo
Date Deposited: 20 Nov 2020 11:13
Last Modified: 20 Nov 2020 11:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23994

Actions (login required)

View Item View Item