ANALISIS RISIKO KEGAGALAN PADA PROSES PRODUKSI KEPOMPONG CERUTU MENGGUNAKAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) (Studi kasus di PT Taru Martani, Yogyakarta)

Purbandaru, Doni and Nafisah, Laila (2020) ANALISIS RISIKO KEGAGALAN PADA PROSES PRODUKSI KEPOMPONG CERUTU MENGGUNAKAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) (Studi kasus di PT Taru Martani, Yogyakarta). In: Industrial Engineering Conference (IEC) 2020, 21 November 2020, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
33. 49.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

PT Taru Martani merupakan perusahaan yang memproduksi cerutu dan tembakau shag. Produk cerutu dari PT taru Martani telah menembus pasar internasional. Bahkan produk cerutu PT Taru martani menjadi barang yang dicari oleh wisatawan mancanegara ketika berwisata di Indonesia. Hal ini menyebabkan PT Taru Martani harus benar-benar memperhatikan kualitas produk yang mereka hasilkan. Karena mereka harus bersaing dengan cerutu kualitas dunia yang lain. Sebagai salah satu cara untuk menjaga kualitas cerutunya PT Taru Martani memproduksi cerutu secara manual. Pada rangkaian produksi cerutu, terdapat suatu proses pembuatan kepompong. Kepompong merupakan bagian dalam dari cerutu yang nantinya akan dibalut oleh dekblad dan omblad. Produksi kepompong dilakukan secara manual untuk menjaga kualitas dari cerutu tersebut serta memenuhi keinginan konsumen yang sebagian besar lebih menyukai cerutu hasil olahan tangan. Proses produksi secara manual rentan terjadinya kecacatan. Cacat yang disebabkan oleh proses produksi manual memiliki faktor yang lebih rumit dibandingkan proses produksi menggunakan mesin. Terbukti beberapa kali mengalami kondisi dimana persentase tingkat kecacatan kepompong tinggi. Hal tersebut akan merugikan perusahaan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis resiko kegagalan pada proses produksi kepompong cerutu. Hasil penelitian ini berupa usulan tindakan pencegahan terhadap risiko kegagalan dari proses produksi kepompong. Kata Kunci: Kualitas, Kepompong cerutu, FMEA, Occcurance, Detection, Severity

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: ST, M.Sc Astrid Wahyu Adventri Wibowo
Date Deposited: 20 Nov 2020 11:22
Last Modified: 20 Nov 2020 11:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23992

Actions (login required)

View Item View Item