EVALUASI FUNGSI PENERAPAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESSMENT, AND RISK CONTROL (HIRARC) (STUDI KASUS: PT. INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR, TBK PALEMBANG)

Purwanggono, Bambang and Exaudia, Mario and Suliantoro, Hery and Rosyada, Zainal Fanani and Bakhtiar, Arfan (2020) EVALUASI FUNGSI PENERAPAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESSMENT, AND RISK CONTROL (HIRARC) (STUDI KASUS: PT. INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR, TBK PALEMBANG). In: Industrial Engineering Conference (IEC) 2020, 21 November 2020, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
16. 23.pdf

Download (500kB) | Preview

Abstract

PT. Indofood Palembang merupakan perusahaan yang bergerak dalam memproduksi berbagai macam mie instant. Sebagai perusahaan yang telah tersertifikasi SMK3 dan sukses menjalankan pelaksanaan K3, perusahaan ini masih tidak lepas dari risiko timbulnya kecelakaan akibat kerja. Hal itu dapat dilihat seperti aktivitas di gudang Raw Material dan Departemen Produksi yang berpotensi tinggi mengakibatkan kecelakaan kerja. Adanya data dukungan pekerja yang berobat di poliklinik perusahaan bulan Januari sampai Maret mencapai total 19 kasus akibat penyakit ataupun kecelakaan kerja, hal tersebut membuktikan masih adanya kecelakaan kerja. Untuk mengetahui lebih lanjut penerapan fungsi K3 pada perusahaan, Penulis mengkajinya dengan menggunakan metode HIRARC. Tahap awal yang dilakukan adalah mengidentifikasi bahaya yang menimbulkan kecelakaan kerja di raw material dan Departemen Produksi. Setelah itu dilanjutkan dengan penilaian risiko berdasarkan besar kemungkinan kejadian terjadi dan besar dampak risiko yang diderita oleh korban kecelakaan. Tahap selanjutnya dilakukan penentuan kejadian tingkat risiko dari level aman sampai paling bahaya serta mengetahui tindakan yang telah dilakukan oleh Perusahaan dalam mencegah risiko. Tahap terakhir yang dilakukan adalah melakukan tindakan pengendalian risiko dan evalusi terhadap fungsi K3 dengan tujuan untuk memberikan rekomendasi usulan perbaikan pada penerapan fungsi K3 agar dapat memninimalisir terjadinya kecelakaan kerja di raw material dan Departemen Produksi PT.Indofood Palembang. Kata Kunci: K3, Safety, Hazard Identification, Risk Assessment, Risk Control

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: ST, M.Sc Astrid Wahyu Adventri Wibowo
Date Deposited: 20 Nov 2020 23:46
Last Modified: 20 Nov 2020 23:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23989

Actions (login required)

View Item View Item