PENGARUH WAKTU SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERILAKU KONSUMEN BELANJA ONLINE

Adhani, Laksmira K and Dharmastiti, Rini and Trapsilawati, Fitri (2020) PENGARUH WAKTU SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERILAKU KONSUMEN BELANJA ONLINE. In: Industrial Engineering Conference (IEC) 2020, 21 November 2020, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
7. 09.pdf

Download (286kB) | Preview

Abstract

Perilaku belanja online merupakan intensitas minat belanja produk yang dilakukan di dalam e-commerce atau m-commerce. Konsumen akan memiliki keputusan saat mempertimbangkan pilihan produk yang akan dibeli online. Banyaknya spesifikasi produk yang sama atau berbeda di dalam e-commerce membuat konsumen memiliki preferensi yang berbeda satu sama lain. Konsumen pun akan memiliki intensitas yang berubah apabila terjadi peralihan situasi seperti yang sedang terjadi saat ini. Situasi pandemi covid-19 akan menyebabkan kebiasaan belanja berubah sebelum adanya wabah dan selama terjadi wabah tersebut. Saat terjadi kondisi ini maka penting bagi penelitian ini untuk mengetahui pengaruh waktu terhadap perilaku konsumen dalam berbelanja online. Apparel dan Masker kesehatan adalah produk yang dipilih selama dua pergeseran waktu (sebelum dan selama pandemi covid-19). Masker kesehatan dipilih karena adanya aturan dari pemerintah untuk kewajiban memakai masker saat seseorang keluar dari tempatnya dan untuk melindungi diri dari virus covid-19. Apparel dipilih karena merupakan produk favorit yang terus dicari dalam e-commerce. empat survei disebarkan secara online di media sosial dan didapatkan total sampel 699 secara keseluruhan. Sebanyak 625 sampel dari empat survey dilanjutkan untuk análisis dan Mann-Whitney U Test digunakan untuk pengujian statistik. Perilaku konsumen belanja online secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa sebelum dan selama pandemi berbeda signifikan saat belanja produk. Intensitas belanja online dari peralihan situasi ini salah satunya dapat disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Produk apparel kurang diminati oleh konsumen selama masa pandemi karena konsumen memiliki intensitas belanja produk masker kesehatan. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya kenaikan minat belanja berdasarkan spesifikasi produk yang dibutuhkan konsumen.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: ST, M.Sc Astrid Wahyu Adventri Wibowo
Date Deposited: 20 Nov 2020 11:11
Last Modified: 20 Nov 2020 11:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23988

Actions (login required)

View Item View Item