ANALISIS LINGKUNGAN KERJA DENGAN METODE 5S DI LANTAI PRODUKSI DAN PENILAIAN RISIKO KERJA DENGAN METODE HIRARC DI BAGIAN MESIN PRESS PADA CV.XYZ

Nasution, Andri and Namirach, Dinda Putri (2020) ANALISIS LINGKUNGAN KERJA DENGAN METODE 5S DI LANTAI PRODUKSI DAN PENILAIAN RISIKO KERJA DENGAN METODE HIRARC DI BAGIAN MESIN PRESS PADA CV.XYZ. In: Industrial Engineering Conference (IEC) 2020, 21 November 2020, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
32. 11.pdf

Download (520kB) | Preview

Abstract

CV. XYZ adalah perusahaan manufaktur. Salah satu produk yang dihasilkan perusahaan adalah gerobak sorong. Lantai produksi pada sebuah perusahaan menjadi hal yang perlu diperhatikan karena kondisi lantai produksi yang rapi, bersih, dan nyaman akan mempengaruhi performa bagi operator. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5S yang meliputi Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke, yang merupakan lima langkah penataan dan pemeliharaan tempat kerja yang dikembangkan melalui banyak upaya di bidang manufaktur. Analisis lingkungan kerja menggunakan metode 5S (Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke) menunjukkan angka 31 yaitu artinya dibawah rata-rata, maka harus meninjau daftar periksa dengan nilai terendah, yaitu Shitsuke, Seiketsu, Seiso, Seiton, Seiri. Untuk meningkatkan implementasi 5S sangat diperlukan penangan yang serius oleh pihak perusahaan. Sehingga dilakukan manajemen risiko menggunakan metode HIRARC untuk mengetahui bahaya di tempat kerja, membuat identifikasi bahaya dan dilakukan penilaian dari risiko bahaya tersebut kemudian melakukan pengendalian terhadap risiko dan bahaya yang teridentifikasi. Kata kunci: Gerobak Sorong, 5S, Risiko, HIRARC.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: ST, M.Sc Astrid Wahyu Adventri Wibowo
Date Deposited: 20 Nov 2020 11:22
Last Modified: 20 Nov 2020 11:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23986

Actions (login required)

View Item View Item