PERANCANGAN ULANG STASIUN KERJA TENUN DESA WANAREJAN UTARA PEMALANG DENGAN METODE VEREIN DEUTSCHER INGENIEURE (VDI) 2221

Nurkertamanda, Denny and Najib, Ahmad and Bakhtiar, Arfan and Pramono, Susatyo Nugroho Widyo and Widharto, Yusuf (2020) PERANCANGAN ULANG STASIUN KERJA TENUN DESA WANAREJAN UTARA PEMALANG DENGAN METODE VEREIN DEUTSCHER INGENIEURE (VDI) 2221. In: Industrial Engineering Conference (IEC) 2020, 21 November 2020, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
22. 27.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Menenun merupakan pekerjaan yang membutuhkan kerja statis dalam waktu lama dan berulang. Hal ini dapat menimbulkan resiko tinggi kelelahan dan keluhan MSDs. Kelelahan dan keluhan MSDs juga disebabkan karena postur kerja yang kurang baik seperti yang dialami pengrajin tenun sarung goyor di Desa Wanarejan Utara Kabupaten Pemalang Jawa Tengah. Postur kerja yang kurang baik pada pekerjaan ini disebabkan oleh rancangan stasiun kerja yang kurang ditinjau dari segi ergonomi. Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang ulang stasiun kerja tenun agar mendapatkan rancangan stasiun kerja yang lebih ergonomis sehingga diharapkan resiko kelelahan dan keluhan musculoskeletal yang dirasakan oleh pekerja dapat menurun. Perancangan stasiun kerja tenun ini meliputi kursi tenun yang dirancang dengan VDI 2221 dan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) dengan prinsip ergonomi. Pengujian dilakukan dengan menggunakan software jack untuk menganalisis nilai Posture Evaluation Index (PEI). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa desain stasiun kerja perbaikan dapat menurunkan nilai PEI dari 2,279 menjadi 1,618. Semakin kecil nilai PEI, semakin kecil pula nilai variabel – variabel yang menyusun nilai PEI yang berarti semakin baik postur tubuh manusia dalam melakukan pekerjaan. Kata kunci: Stasiun kerja, Tenun, Postur kerja, VDI 2221, Posture Evaluation Index (PEI).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: ST, M.Sc Astrid Wahyu Adventri Wibowo
Date Deposited: 20 Nov 2020 11:20
Last Modified: 20 Nov 2020 11:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23983

Actions (login required)

View Item View Item