PERENCANAAN PENGADAAN BAHAN BAKU SEMEN MENGGUNAKAN METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (Studi Kasus pada PT Sinar Tambang Arthalestari, Banyumas)

Cahyani, Adharina Harmas and Fitrian, Alvin Noor (2020) PERENCANAAN PENGADAAN BAHAN BAKU SEMEN MENGGUNAKAN METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (Studi Kasus pada PT Sinar Tambang Arthalestari, Banyumas). In: Industrial Engineering Conference (IEC) 2020, 21 November 2020, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. 02 Revisi ok.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

PT Sinar Tambang Arthalestari merupakan perusahaan yang memproduksi semen. Bahan baku semen terdiri dari limestone, trass, gypsum, clay, pasir silika, dan laterit, serta batu bara untuk proses pembakaran. Terjadi kelebihan kapasitas pada gudang bahan baku karena tidak adanya perencanaan pengadaan bahan baku yang baik. Selain membuat gudang overload, kelebihan kapasitas ini membuat total biaya yang dikeluarkan perusahaan membengkak. Oleh karena itu diperlukan perencanaan pengadaan bahan baku untuk meminimasi total cost perusahaan. Metode perencanaan pengadaan bahan baku yang digunakan adalah Material Requirement Planning. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode Material Requirement Planning dalam perencanaan pengadaan bahan baku memiliki total cost yang lebih rendah dari pada metode persediaan yang digunakan oleh perusahaan, yaitu sebesar Rp5.875.000.000,00.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: ST, M.Sc Astrid Wahyu Adventri Wibowo
Date Deposited: 20 Nov 2020 11:06
Last Modified: 20 Nov 2020 11:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23970

Actions (login required)

View Item View Item