ANALISIS CEKUNGAN MENGGUNAKAN METODE GRAVITASI BERDASARKAN ANALISIS FILTER DERIVATIVE PADA CEKUNGAN BUSUR DEPAN SELAT SUNDA

Wijaya, Muhamad Bagus Cipta (2020) ANALISIS CEKUNGAN MENGGUNAKAN METODE GRAVITASI BERDASARKAN ANALISIS FILTER DERIVATIVE PADA CEKUNGAN BUSUR DEPAN SELAT SUNDA. Other thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keberadaan sumber daya alam. Salah satunya adalah banyaknya keberadaan minyak dan gas bumi yang didukung dengan keterdapatan cekungan di Indonesia yang cukup banyak. Namun, sampai saat ini masih belum terdapat penemuan lapangan minyak dan gas bumi baru dengan skala besar. Padahal, kebutuhan minyak dan gas bumi di Indonesia terus bertambah sebanyak 4% per tahun. Berdasarkan data milik ESDM ditemukan bahwa terdapat kemungkinan keberadaan zona prospek hidrokarbon pada cekungan busur depan selat sunda. Cekungan tersebut belum pernah dieksplorasi sebelumnya. Oleh karena itu dilakukan penelitian menggunakan metode gravitasi berbasis marine survei untuk mendelineasi zona prospek pada lokasi penelitian. Metode ini akan dilakukan menggunakan 97 lintasan dengan menggunakan filter pengolahan yaitu, THD, TDR, dan SVD. Filter THD dan TDR berfungsi untuk menentukan keterdapatan struktur, sementara filter SVD berfungsi menentukan orientasi dip dari struktur tersebut. Didapatkan pada daerah penelitian 3 sub-cekungan dengan nilai ABL rendah yaitu -2.13 mGal sampai -46.50 mGal yang menandakan terdapat akumulasi sedimen yang cukup tebal dengan estimasi kedalaman sebesar 12.816 meter dibawah permukaan. Ketiga sub-cekungan dibatasi oleh beberapa struktur yang berorientasi barat lauttenggara dan barat daya-timur laut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Geography
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 12 Nov 2020 05:23
Last Modified: 12 Nov 2020 05:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23924

Actions (login required)

View Item View Item