INVENTARISASI INFRASTRUKTUR BAWAH TANAH PADA AREA PLTGU GRESIK MENGGUNAKAN METODE ELEKTROMAGNETIK GROUND PENETRATING RADAR (GPR)

RAMADIANINDRA, DHENY (2020) INVENTARISASI INFRASTRUKTUR BAWAH TANAH PADA AREA PLTGU GRESIK MENGGUNAKAN METODE ELEKTROMAGNETIK GROUND PENETRATING RADAR (GPR). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of Lembar pengeshan.pdf]
Preview
Text
Lembar pengeshan.pdf

Download (434kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Gresik merupakan Kabupaten yang terletak di sebelah Barat Kota Surabaya yang tumbuh menjadi kota industri dan perdagangan yang padat penduduk. Kepadatan penduduk berdampak pada penyediaan kebutuhan pasokan listrik pada daerah Gresik, maka dari itu dilakukan inventarisasi pada daerah industri PLTGU Gresik menggunakan metode GPR yang bertujuan untuk menentukan jalur utilitas yang berada pada daerah industri sebagai acuan dalam pengembangan selanjutnya.
Penelitian ini dilakukan dengan total 8 lintasan dengan jarak rata-rata sepanjang 20 meter dengan memotong jalan masuk utama dalam PLTGU Gresik. Data didapat menggunakan metode GPR dengan alat GSSI SIR 3000 dengan frekuensi antena 270 MHz. Data yang didapatkan lalu diolah menjadi penampang 2D melalui Software Reflexw menggunakan fiter Static Correction, Dewow, AGC – Gain, 1D Filter – Bandpass Butterworth, Energy Decay, Scaled Window Gain, 2D Filter – Background Removal, dan Subtracting Average lalu dikorelasikan secara 3D menggunakan Software Voxler.
Hasil pemrosesan data tersebut didapatkan respon utilitas dengan pola difraksi hiperbola pada arah Barat Daya jalan. Diketahui terdapat 3 utilitas yang tertanam pada Barat Daya jalan, yaitu 2 buah pipa logam yang memiliki kedalaman sekitar 0,8 meter dengan TWT 16 ns memiliki kecepatan gelombang elektromagnetik seharga 0,1 m/ns dan satu buah kabel yang memiliki kedalaman sekitar 1 meter di bawah permukaan tanah dengan TWT 18 ns memiliki kecepatan gelombang elektromagnetik seharga 0,11 m/ns.
Kata kunci : Inventarisasi, GPR, Utilitas, Elektromagnetik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Inventarisasi, GPR, Utilitas, Elektromagnetik.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 11 Nov 2020 05:59
Last Modified: 10 Mar 2023 04:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23922

Actions (login required)

View Item View Item