Perkiraan Potensi Kelongsoran Lereng Lowwall Penambangan Batubara Berdasarkan Hasil Pemantauan Inclinometer PT.Adaro Indonesia

SAPTONO, Singgih and KRAMADIBRATA, Suseno and SULISTIANTO, Budi and WATTIMENA, Ridho K. (2020) Perkiraan Potensi Kelongsoran Lereng Lowwall Penambangan Batubara Berdasarkan Hasil Pemantauan Inclinometer PT.Adaro Indonesia. In: Seminar Geoteknik di Pertambangan Indonesia, 13 Nopember 2008, Aula Timur ITB.

[img]
Preview
Text
Perkiraan Potensi Kelongsoran Lereng.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tinggi lereng penambangan keseluruhan akan semakin tinggi seiring dengan kenaikan produksi batubara. Tulisan ini merupakan salah satu bagian penelitian karakterisasi massa batuan mengenai pemantauan perpindahan massa batuan lereng lowwall di Pit Pama tambang terbuka batubara ADARO dengan menggunakan Inclinometer, yang terdiri dari Inclino No.8, 9 dan 10. Hasil pemantauan ini selanjutnya dianalisis untuk mengetahui kondisi stabilitas lereng lowwall. dengan metode inverse-kecepatan. Hasil analisis membuktikan bahwa pemicu potensi kelongsoran adalah bidang perlapisan batulumpur-pasiran yang terdapat pada lantai lapisan batubara yang pada awalnya tidak diperkirakan akan terjadi kelongsoran besar, karena cenderung tidak ada peningkatan kecepatan yaitu, 2 – 1 hari/mm. Oleh karena itu kondisi lereng lowwall Pit Pama dinyatakan stabil. Agar dapat diketahui kondisi kestabilan lereng lowwall Pit Pama perlu diperoleh kekuatan geser batuan lereng lowwall dengan cara uji geser langsung skala besar (full scale direct shear test) dan uji insitu geser langsung (insitu direct shear test)

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 10 Nov 2020 06:24
Last Modified: 10 Nov 2020 06:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23911

Actions (login required)

View Item View Item