PURBORATIH, SHANTIKASARI (2012) STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA DOKTER DAN PASIEN DI POLIKLINIK RSUD Dr.R. GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
xi
ABSTRAK
Dalam sebuah hubungan dan interaksi yang baik dibutuhkan pula unsur
komunikas
i yang baik di dalamnya. Begitu pula dalam interaksi antara dokter dan
pasien di dalam poliklinik rumah sakit. Di poliklinik komunikasi yang digunakan
merupakan komunikasi interpersonal dimana pasien datang dan berhadapan
dengan dokter bertatap muka secara
langsung. Pasien datang ke poliklinik dengan
ketidakpastian, kecemasan dan harapan mengenai kondisi kesehatannya. Maka
dokter perlu memiliki strategi komunikasi interpersonal yang baik untuk
mengatasi hal tersebut. Tujuannya adalah agar pasien menjadi nya
man dan
terbuka terhadap dokter. Dengan begitu informasi yang dibutuhkan akan lebih
mudah didapat dan pasien dapat mengerti isi pesan yang disampaikan oleh dokter.
Penelitian ini dilakukan di RSUD Dr. R Goeteng Taroenadibrata. Tujuan dari
penelitian ini ad
alah untuk mengetahui
strategi komunikasi inte
rpersonal antara
dokter
dan pasien
di poliklinik RSUD
Dr.R. Go
eteng Taroenadibrata Purbalingga
.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Metode penelitian
yang digunakan adalah metode penel
itian deskriptif yang menitikberatkan pada
observasi dan suasana ilmiah. Data penelitian diperoleh dari observasi,
wawancara, dan studi pustaka. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan
disajikan dalam bentuk uraian yang disusun secara logis da
n sistematis.
Berdasarkan data dan analisis yang dilakukan maka didapatkan hasil bahwa dalam
interaksi antara dokter dan pasien terjadi komunikasi interpersonal. Di poliklinik
dokter memiliki langkah
-
langkah dalam berinteraksi dengan pasien yaitu,
memberi
salam, mengajak bicara, memberikan penjelasan dan mengingatkan
kembali poin
-
poin yang penting. Berdasarkan hasil penelitian dan langkah
-
langkah tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi interpersonal yang
digunakan oleh para dokter di poliklinik
Dr.R. Go
eteng Taroenadibrata
Purbalingga
yaitu, bersikap ramah, terbuka, berempati, memberikan perhatian dan
informasi jelas. Tentunya dalam berkomunikasi dengan pasien di poliklinik dokter
juga menemukan kendala seperti
, kesenjangan tingkat pendidikan, k
endala bahasa
akibat perbedaan budaya, kurangnya keterbukaan pasien dan intensitas waktu
berkomunikasi yang terbatas.
xii
ABSTRACT
In a good relationship and interaction are necessary elements of good
communication in it.
Similarly, the interac
tion between doctor and patient in the
hospital
clinic.Communication
used
in
the clinic
is
an
interpersonal
communication in which the patient comes in and dealing with a doctor face to
face directly.
Patients come to the clinic with uncertainty, anxiety a
nd hope about
their health condition.
Then the doctor needs to have good interpersonal
communication strategies to overcome it.
The goal is for patients to be
comfortable and open to the doctor.
That way the information needed to be more
easily obtained an
d the patient can understand the messages conveyed by the
physician.
The
research
was
conducted
at
Hospital
Dr.
R
Goeteng
Taroenadibrata.
The purpose of this study was to determine the strategy of
interpersonal communication between doctors and patients in
hospitals polyclinics
Dr.R.
Goeteng Taroenadibrata Purbalingga.
Type of research conducted is
qualitative research.
The research method used is descriptive research method that
focuses on observation and scientific atmosphere.
The research data obtained f
rom
observation, interview and literature study.
Data were analyzed qualitatively and
presented in the form of a structured description of a logical and
systematic.
Based on the data and performed the analysis showed that the
interaction between doctor and
patient interpersonal communication takes
place.
In polyclinic doctors have steps in interacting with the patient, greeting,
talking, explaining and recalling the essential points.
Based on research results
and the steps we can conclude that interpersonal
communication strategies used
by the doctors at the clinic Dr.R.
Goeteng Taroenadibrata Purbalingga namely,
being friendly, open, empathetic, caring and giving clear information.
Course in
communicating with patients in clinic doctors also found such cons
traints,
inequality of education levels, language barriers due to cultural differences, lack
of openness and intensity of the patient to communicate a limited time.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Muji Isambina |
Date Deposited: | 25 May 2016 02:52 |
Last Modified: | 25 May 2016 02:52 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2386 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |