PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN PROFITABILITAS TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN NILAI PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017 – 2019)

RAMADHANTY, EVA NURANISSA (2023) PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN PROFITABILITAS TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN NILAI PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017 – 2019). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (380kB) | Preview
[thumbnail of COVER SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-EVA-NURANISSA-152160083---Fix.pdf] Text
SKRIPSI-EVA-NURANISSA-152160083---Fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Eva Nuranissa Ramadhanty, Nomor Induk Mahasiswa 152160083, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian “Pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Profitabilitas terhadap Return Saham dengan Nilai Perusahaan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017 – 2019)”. Dosen pembimbing satu Bapak Suratna dan dosen pembimbing dua Bapak Adi Soeprapto.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh economic value added (EVA), profitabilitas dan nilai perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap return saham. Populasi dari penelitian ini berjumlah 44 laporan keuangan perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan setelah diseleksi melalui kriteria yang telah ditentukan peneliti, maka ditemukan ukuran sampel yang digunakan sebanyak 15 perusahaan. Jenis penelitian ini ialah explanatory research. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik inferensial menggunakan Path Analysis dengan alat analisis SEM-PLS.Hasil uji penelitian ini menunjukkan bahwa economic value added (EVA) tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham, profitablitas berpengaruh signifikan terhadap return saham, economic value added (EVA) tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, nilai perusahaan berpengaruh signifikan terhadap return saham, economic value added (EVA) tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap return saham melalui nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap return saham melalui nilai perusahaan.
Saran dari penelitian ini bagi investor sebaiknya mempertimbangkan informasi seperti economic value added (EVA), profitabilitas, nilai perusahaan serta return saham melalui laporan keuangan tahunan perusahaan. Bagi perusahaan perlu mengelola kinerja perusahaan dengan baik melalui kinerja keuangan yang dapat dilihat dari economic value added (EVA) dan profitabilitas. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan agar melakukan penelitian kembali dengan judul yang sama karena terjadi perbedaan pada hipotesis pertama, ketiga dan keenam antara hasil penelitian dengan hipotesis yang diharapkan dan apabila dimungkinkan dapat menambah rentang waktu yang lebih lama agar dapat menjelaskan kondisi perusahaan dengan lebih baik.
Kata Kunci : Economic Value Added (EVA), Profitabilitas, Nilai Perusahaan, Return Saham

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Economic Value Added (EVA), Profitabilitas, Nilai Perusahaan, Return Saham
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 04 Nov 2020 04:24
Last Modified: 09 Mar 2023 03:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23835

Actions (login required)

View Item View Item