ANALISA PETROFISIKA PADA LOG SUMUR UNTUK MENENTUKAN ZONA PRODUKTIF DAN INTERVAL PERFORASI PADA SUMUR PENGEMBANGAN LAPANGAN “ACH” CEKUNGAN SUMATRA TENGAH

Heriwijaya, Adiguna Candrawisesa (2020) ANALISA PETROFISIKA PADA LOG SUMUR UNTUK MENENTUKAN ZONA PRODUKTIF DAN INTERVAL PERFORASI PADA SUMUR PENGEMBANGAN LAPANGAN “ACH” CEKUNGAN SUMATRA TENGAH. Masters thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover candra FIX.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka (1).pdf

Download (431kB) | Preview

Abstract

Dalam meningkatkan produksi minyak yang terus mengalami penurunan tingkat produksi, perlu dilakukan usaha-usaha untuk meningkatkan maupun mempertahankan laju produksi minyak. Salah satu usaha yang dapat dilakukan yaitu melakukan pengeboran sumur pengembangan. Dengan mengetahui nilai properti reservoar berupa Vsh, Porositas, Satuarsi Air dan Saturasi Oil, nantinya akan digunakan sebagai dasar untuk mengusulkan titik koordinat sumur pengembangan. Sumur-sumur pengembangan akan diletakkan diantara sumursumur produktif yang telah ada. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan zona produktif dan interval perforasi pada Lapangan “ACH”. Dengan adanya sumur pengembangan diharapkan dapat mengoptimalkan produksi di Lapangan “ACH”. Metodologi yang digunakan pada penelitian tesis ini yaitu melakukan interpretasi data sumur untuk menentukan top dan bottom lapisan hidrokarbon menggunakan software Petrel 2014. Selain itu dilakukan pula analisa data petrofisik pada tiap-tiap sumur seperti volume serpih (Vsh), porositas, resistivitas air (Rw), saturasi air (Sw), dan saturasi oil (So) pada log sumur. Dengan studi tersebut dapat digunakan untuk menentukan/ titik koordinat sumur pengembangan pada Lapangan “ACH” dan estimasi interval kedalaman zona perforasi pada sumur pengembangan. Dari analisa yang dilakukan, Lapnagan “ACH” memiliki 4 zona prospek yaitu Lapisan A, Lapisan B, Lapisan C, dan Lapisan D. Sumur Pengembangan P-1 terletak pada koordinat X = 288700 dan Y = 234400 dengan kedalaman total depth 1090 MD. Sumur P-2 terletak pada koordinat X = 303700 dan Y = 213600 dengan kedalaman total depth 1254 MD.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 03 Nov 2020 04:26
Last Modified: 03 Nov 2020 04:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23828

Actions (login required)

View Item View Item