APLIKASI PERAMALAN PENJUALAN OBAT DI APOTEK MENGGUNAKAN METODE TIME SERIES (Studi Kasus: Apotek Gilang Farma, Yogyakarta)

Arieston, Frans (2020) APLIKASI PERAMALAN PENJUALAN OBAT DI APOTEK MENGGUNAKAN METODE TIME SERIES (Studi Kasus: Apotek Gilang Farma, Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. Cover.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Halaman Pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Daftar Pustaka.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Apotek Gilang Farma merupakan unit usaha penyedia obat dan menjual produk langsung ke konsumen. Persediaan jumlah obat menjadi kendala di Apotek Gilang Farma karena penjualan obat setiap bulan tidak menentu sehingga obat yang memiliki peminat sedikit akan terbuang percuma karena sudah kadaluarsa. Salah satu cara untuk mengurangi kerugian adalah dengan meramalkan penjualan di masa yang akan datang, dengan melakukan estimasi pembelian obat dengan jumlah stok yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan peramalan penjualan obat di Apotek Gilang Farma dengan menggunakan metode time serie berbasis aplikasi website. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall untuk membangun aplikasi peramalan penjualan obat berbasis website. Metode peramalan Time Series yang digunakan adalah Single Exponential Smoothing (SES), Weighted Moving Average (WMA), dan Trend Projection (TP). Data latih untuk peramalan menggunakan data penjualan obat dari Januari 2017 - Desember 2019, data uji yang digunakan adalah data penjualan pada Januari 2020 - April 2020. Akurasi hasil peramalan menggunakan Mean Absolute Error (MAE) dan Mean Absolute Percentage Error (MAPE), serta validasi peramalan menggunakan Tracking Signal. Metode peramalan yang baik yaitu mempunyai nilai MAD dan MAPE yang rendah, dan hasil peramalan masih dalam batas kendali tracking signal. Uji coba peramalan menggunakan 90 sampel obat, simulasi peramalan dilakukan sebanyak 3 kali percobaan, yaitu menggunakan data training 3 tahun, 2 tahun dan 1 tahun terakhir. Evaluasi untuk sistem menggunakan pengujian alpha test 34 item uji dan beta test 14 item uji. Hasil penelitian berupa aplikasi peramalan penjualan obat berbasis website. Pemilihan metode peramalan terbaik dengan membandingkan ketiga metode peramalan pada setiap sampel obat dan periode data latih. Metode WMA memiliki nilai Tracking Signal dalam kendali tetapi nilai MAPE berkisar antara 25% -50% pada 3 kali percobaan. Metode TP memiliki nilai Tracking Signal dalam kendali tetapi nilai MAPE berkisar 15% -35% dan efektif dalam simulasi dengan data latih 2 - 1 tahun terakhir. Metode SES memiliki nilai Tracking Signal di luar kendali, tetapi nilai MAPE berkisar 10% -30% dan efektif pada simulasi dengan data latih 1 tahun terakhir. Perbedaan metode terbaik pada setiap simulasi dipengaruhi oleh periode peramalan, nilai awal, dan parameter yang dihasilkan dari proses pelatihan dan pengujian data.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Apotek, Peramalan, Time Series, MAPE, Tracking Signal
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 03 Nov 2020 02:21
Last Modified: 03 Nov 2020 02:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23821

Actions (login required)

View Item View Item