ANALISIS SALURAN DAN EFISIENSI PEMASARAN TOMAT DI DESA SEWUKAN KECAMATAN DUKUN KABUPATEN MAGELANG

AMIN, FAZA RIFQIL (2020) ANALISIS SALURAN DAN EFISIENSI PEMASARAN TOMAT DI DESA SEWUKAN KECAMATAN DUKUN KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Faza Rifqil Amin_135160014_Daftar Isi_Ni Made Suyastiri YP.pdf]
Preview
Text
Faza Rifqil Amin_135160014_Daftar Isi_Ni Made Suyastiri YP.pdf

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of Faza Rifqil Amin_135160014_COVER SKRIPSI_Ni Made Suyastiri.pdf]
Preview
Text
Faza Rifqil Amin_135160014_COVER SKRIPSI_Ni Made Suyastiri.pdf

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of Faza Rifqil Amin_135160014_Lembar Pengesahan_Ni Made Suyastiri Yp.pdf]
Preview
Text
Faza Rifqil Amin_135160014_Lembar Pengesahan_Ni Made Suyastiri Yp.pdf

Download (563kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of Faza Rifqil Amin_135160014_Abstrak_Ni Made Suyastiri.pdf]
Preview
Text
Faza Rifqil Amin_135160014_Abstrak_Ni Made Suyastiri.pdf

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of Faza-Rifqil-Amin-135160014-FULL-SKRIPSI-Ni-Made.pdf] Text
Faza-Rifqil-Amin-135160014-FULL-SKRIPSI-Ni-Made.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis nilai bagian harga yang diterima petani tomat (farmer’s share) pada setiap saluran pemasaran yang dilakukan oleh petani tomat di Desa Sewukan Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. (2) menganalisis efisiensi pemasaran tomat saluran pemasaran I (jalur pendek) dan efisiensi pemasaran tomat saluran pemasaran II (jalur panjang) di Desa Sewukan Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. Metode dasar penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif, sedangkan metode pelaksanaannya yaitu metode survey. Daerah penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling. Sampel petani ditentukan berdasarkan metode snowball sampling. Penentuan sampel pedagang perantara ditentukan dengan metode snowball sampling. Macam data yang digunakan ialah data primer dan data sekunder. Teknik analisis dilakukan dengan analisis efisiensi pemasaran dan farmer’s share. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian adalah (1) Farmer’s share petani tomat saluran pemasaran I (Jalur Pendek) lebih besar (100% atau senilai Rp.4.892,- dibandingkan dengan farmer’s share saluran pemasaran II (Jalur Panjang) yaitu 83,6 % atau senilai Rp.4.000,- (2) Efisiensi pemasaran tomat pada saluran pemasaran I (jalur pendek) lebih efisien yaitu sebesar 7,3 % dibandingkan dengan efisiensi pemasaran tomat saluran pemasaran II (jalur panjang) yaitu sebesar 10,7%.
Kata Kunci : Efisiensi Pemasaran, Farmer’s share, Saluran Pemasaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Efisiensi Pemasaran, Farmer’s share, Saluran Pemasaran.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 02 Nov 2020 04:08
Last Modified: 09 Mar 2023 02:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23811

Actions (login required)

View Item View Item