RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL SELADA MERAH (Lactuca sativa L.) PADA KONSENTRASI AB MIX DAN FREKUENSI PENYEMPROTAN POC DENGAN SISTEM HIDROPONIK NFT

Saragih, Handayani (2020) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL SELADA MERAH (Lactuca sativa L.) PADA KONSENTRASI AB MIX DAN FREKUENSI PENYEMPROTAN POC DENGAN SISTEM HIDROPONIK NFT. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak B.indo dan B.Inggris.pdf]
Preview
Text
Abstrak B.indo dan B.Inggris.pdf

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of Cover Skripsi yani.pdf]
Preview
Text
Cover Skripsi yani.pdf

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of lembar pengesahan Handayani Saragih.pdf]
Preview
Text
lembar pengesahan Handayani Saragih.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL SELADA MERAH (Lactuca sativa L.) PADA KONSENTRASI AB MIX DAN FREKUENSI
PENYEMPROTAN POC DENGAN SISTEM HIDROPONIK NFT
Handayani Saragih
Dibimbing oleh Oktavia Sarhesti Padmini dan Sugeng Priyanto
ABSTRAK
Selada merah ( Lactuca sativa L.) merupakan sayuran yang digemari masyarakat terutama untuk dikonsumsi dalam bentuk mentah. Penggunaan pupuk kimia yang masih berlebih menjadikan kualitas sayur menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah menentukan konsentrasi nutrisi A dan nutrisi B mix yang tepat untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman selada merah, menentukan frekuensi POC (pupuk organik cair) paling tepat dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil selada merah. Penelitian dilakukan bulan Januari sampai Maret 2020 di BPTP Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah percobaan lapangan split plot yang disusun dengan rancangan lingkungan RAKL (Rancangan Acak Kelompok Lengkap). Konsentrasi AB mix sebagai main plot yakni: 500 ppm, 700 ppm, 900 ppm dan sub plot adalah frekuensi penyemprotan yaitu: tanpa penyemprotan, penyemprotan setiap tiga hari sekali, penyemprotan setiap enam hari sekali. Setiap kombinasi perlakuan diulang tiga kali sehingga diperoleh 27 unit percobaan. Dalam 1 unit percobaan terdapat 10 tanaman sampel. Terdapat interaksi perlakuan konsentrasi AB mix dan frekuensi penyemprotan POC terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada merah pada parameter bobot segar tanaman umur tiga dan lima minggu setelah tanam. Konsentrasi larutan AB mix 700 ppm memberikan hasil paling baik pada jumlah daun tanaman umur tiga minggu setelah tanam dan bobot segar tanaman umur tiga dan lima minggu setelah tanam. Frekuensi penyemprotan POC dengan penyemprotan setiap tiga hari sekali memberikan hasil paling baik pada jumlah daun umur dua minggu setelah tanam dan bobot segar tanaman umur tiga, empat dan lima minggu setelah tanam.
Kata kunci :NFT hidroponik, selada merah, AB Mix, POC.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: NFT hidroponik, selada merah, AB Mix, POC.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 16 Sep 2020 06:35
Last Modified: 07 Mar 2023 03:07
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23660

Actions (login required)

View Item View Item