PERANCANGAN TATA LETAK GUDANG BAHAN BAKU DAN PRODUK AKHIR MENGGUNAKAN METODE CLASS-BASED STORAGE (Studi Kasus di PT Kusuma Sandang Mekarjaya)

Pramono, Muhammad Raihan Dary (2020) PERANCANGAN TATA LETAK GUDANG BAHAN BAKU DAN PRODUK AKHIR MENGGUNAKAN METODE CLASS-BASED STORAGE (Studi Kasus di PT Kusuma Sandang Mekarjaya). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 3. COVER.pdf]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 1.-SKRIPSI-FULL.pdf] Text
1.-SKRIPSI-FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

PT Kusuma Sandang Mekarjaya merupakan perusahaan industri manufaktur yang bergerak di bidang tekstil. Perusahaan memperoduksi kain blacu yang akan digunakan sebagai bahan dasar untuk berbagai macam produk pakaian. Perusahaan saat ini menggunakan sebuah gudang dengan luas bangunan sebesar 2256 m2. Perusahaan tidak memiliki sistem penyimpanan di gudang yang dapat mengatur tata letak barang. Sehingga, barang diletakan secara acak dan tidak ada lokasi penempatan yang jelas. Akibatnya, terdapat pemborosan luas ruang untuk penyimpanan dan jarak perpindahan barang. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mewujudkan luas ruang penyimpanan yang lebih efisien dan aktifitas perpindahan barang dengan jarak yang lebih pendek.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Class-Based Storage. Metode tersebut membagi produk menjadi beberapa kelas sesuai tingkat kepentingan produk. Produk yang diteliti adalah benang dan kain. Banyaknya produk yang akan diteliti terlebih dahulu dihitung dengan peramalan produksi kain. Media penyimpanan yang digunakan kedua produk adalah palet. Penempatan produk dilakukan dengan membuat plot wilayah dan metode block stacking. Metode block stacking akan membuat satu plot wilayah dapat menampung lebih dari satu palet dengan disusun ke atas menggunakan stack frame untuk memaksimalkan ruang penyimpanan. Perhitungan jarak material handling dilakukan menggunakan jarak aisle, dengan menghitung jarak setiap jalur lintasan yang dilalui oleh pekerja.
Hasil perhitungan akan berfokus pada rasio luas ruang penyimpanan dan jarak material handling produk benang dan kain. Dimana pada kondisi aktual, rasio luas ruang penyimpanan gudang sebesar 71,41%, serta kondisi usulan sebesar 23,51%. Sehingga terjadi efisiensi sebesar 47,9%. Untuk jarak material handling, pada kondisi aktual yaitu sebesar 479,2 m untuk produk benang dan 1605,9 m untuk produk kain. Sedangkan pada kondisi usulan yaitu sebesar 346,4 m untuk produk benang dan 1429,9 m untuk produk kain. Sehingga, terjadi efisiensi sebesar 27,71% pada produk benang dan 10,96% pada produk kain.
Kata Kunci: Perancangan Tata Letak, Class-Based Storage, Peramalan Produksi, Efisiensi Ruang Penyimpanan, Material Handling.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perancangan Tata Letak, Class-Based Storage, Peramalan Produksi, Efisiensi Ruang Penyimpanan, Material Handling.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:23
Last Modified: 21 Mar 2023 04:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23657

Actions (login required)

View Item View Item