ANALISIS DAMPAK SOSIAL EKONOMI DAN PENGELOLAAN DESA WISATA DAN BALAI EKONOMI DESA DALAM MENGEMBANGKAN PARIWISATA DI KAWASAN CANDI BOROBUDUR

Sholichan, Ahmad (2020) ANALISIS DAMPAK SOSIAL EKONOMI DAN PENGELOLAAN DESA WISATA DAN BALAI EKONOMI DESA DALAM MENGEMBANGKAN PARIWISATA DI KAWASAN CANDI BOROBUDUR. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK ATAU INTISARI_AHMAD SHOLICHAN_143160102 (PDF).pdf]
Preview
Text
ABSTRAK ATAU INTISARI_AHMAD SHOLICHAN_143160102 (PDF).pdf

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of COVER SKRIPSI_AHMAD SHOLICHAN_143160102 (PDF).pdf]
Preview
Text
COVER SKRIPSI_AHMAD SHOLICHAN_143160102 (PDF).pdf

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI SKRIPSI_AHMAD SHOLICHAN_143160102 (PDF).pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI_AHMAD SHOLICHAN_143160102 (PDF).pdf

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of PENGESAHAN PEMBIMBING SKRIPSI_AHMADSHOLICHAN_143160102 (PDF).pdf]
Preview
Text
PENGESAHAN PEMBIMBING SKRIPSI_AHMADSHOLICHAN_143160102 (PDF).pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of DRAFT-SKRIPSI-AHMAD-SHOLICHAN-143160102--PDF-.pdf] Text
DRAFT-SKRIPSI-AHMAD-SHOLICHAN-143160102--PDF-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis kontribusi pendapatan dari Desa Wisata dan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) terhadap pendapatan Desa ; (2) Menganalisis dampak dan perubahan Sosial Ekonomi masyarakat di sekitar kawasan Candi Borobudur dari adanya pengembangan Desa Wisata dan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) dari segi Pendidikan, Lingkungan, Budaya, Penyerapan Tenaga Kerja dan Pendapatan ; (3) Menganalisis pengolaan Desa Wisata dan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di kawasan wisata Candi Borobudur. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder ; yakni data primer dengan wawancara masyarakat di sekitar kawasan Candi Borobudur dan data sekunder berupa data kunjungan wisatawan Provinsi Jawa Tengah maupun Kabupaten Magelang. Alat analisis yang digunakan adalah deskriptif statistik kuantitatif dan uji beda dengan uji normalitas dan uji Wilcoxon.
Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa dampak sosial ekonomi dari adanya pengembangan Desa Wisata dan Balai Ekonomi Desa, kontribusi pendapatan dari Desa Wisata dan Balai Ekonomi Desa terhadap pendapatan desa mulai mengalami kenaikan pendapatan. Dampak dan perubahan sosial pada sektor pendidikan mengalami peningkatan dengan adanya pelatihan pendidikan dari pengelola dari Desa Wisata dan Balkondes dan dari para sponsor Desa Wisata dan Balai Ekonomi Desa, dari segi Lingkungan mengalami peningkatan yang lebih baik seperti jalan umum dan lampu jalan, dari sektor budaya menjadikan pelestarian yang lebih baik. Dari dampak dan perubahan Ekonomi pada sektor Penyerapan Tenaga Kerja semakin beragamnya dan bertambahnya sektor pekerjaan masyarakat di sekitar kawasan Candi Borobudur, dan dari sektor pendapatan masyarakat di sekitar kawasan Candi Borobudur setelah adanya pengembangan Desa Wisata dan Balai Ekonomi Desa, rata – rata pendapatan masyarakat mengalami peningkatan yang dirasakan oleh masyarakat yang terlibat dalam pengelolaan Desa Wisata dan Balai Ekonomi Desa dan Masyarakat.
Kata Kunci : Desa Wisata, Balai Ekonomi Desa, Kontribusi, Sosial Ekonomi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Desa Wisata, Balai Ekonomi Desa, Kontribusi, Sosial Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 09 Sep 2020 04:41
Last Modified: 06 Mar 2023 04:33
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23617

Actions (login required)

View Item View Item