GEOLOGI DAN STUDI KUALITAS AIRTANAH BERDASARKAN PARAMETER FISIKA DAN KIMIA DAERAH NGORO-ORO DAN SEKITARNYA, KECAMATAN PATUK, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, D.I. YOGYAKARTA

KAELIANA, FAISAL ARIFIAN (2020) GEOLOGI DAN STUDI KUALITAS AIRTANAH BERDASARKAN PARAMETER FISIKA DAN KIMIA DAERAH NGORO-ORO DAN SEKITARNYA, KECAMATAN PATUK, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, D.I. YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak.pdf]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of Hal Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Hal Pengesahan.pdf

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi-Lampiran.pdf] Text
Skripsi-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

GEOLOGI DAN STUDI KUALITAS AIRTANAH
BERDASARKAN PARAMETER FISIKA DAN KIMIA
DAERAH NGORO-ORO DAN SEKITARNYA, PATUK, GUNUNGKIDUL
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Faisal Arifian Kaeliana1
Ir. Puji Pratiknyo, M.T.2 dan Dr. Ir. Joko Soesilo, M.T.2
1Mahasiswa Teknik Geologi, UPN “Veteran” Yogyakarta
2Dosen Teknik Geologi, UPN “Veteran” Yogyakarta
E-mail: arifianka95@gmail.com
No. HP : 085799002895
SARI
Daerah penelitian secara administratif berada di Desa Ngoro-Oro, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta yang secara Universal Transverse Mercator (UTM) terletak pada koordinat 445000 mE – 450000 mE dan 9132000 mN – 9137000 mN dengan datum WGS 84. Sedangkan secara fisiografis daerah penelitian masuk dalan Zona Pegunungan Selatan.
Berdasarkan aspek geomorfologi daerah penelitian dibagi menjadi 3 bentuk asal yaitu bentuk asal Fluvial dengan subsatuan bentuk lahan Dataran Aluvial (F1) dan Tubuh Sungai (F2), bentuk asal Struktural dengan subsatuan Perbukitan Homoklin (S1) dan Lereng Homoklin (S2), bentuk asal Vulkanik dengan subsatuan Bukit Jenjang Gunungapi (V1).
Stratigrafi daerah telitian terdiri dari tiga satuan batuan, dari tua ke muda adalah satuan Batupasir Semilir berumur Miosen Awal (N4-N6), selanjutnya diendapkan selaras satuan breksi Nglanggran berumur Miosen Awal (N6-N7). Selanjutnya diendapkan satuan endapan aluvial berumur Holosen diatas satuan breksi Nglanggran dengan hubungan tidak selaras. Struktur geologi yang berkembang pada daerah telitian berupa sesar mendatar kanan turun yang berada di Dusun Gambyong dengan arah barat daya-timur laut.
Analisa hidrogeologi berdasarkan parameter fisika dan kimia yang dilakukan di BBTKLP Yogyakarta, secara umum kualitas air tanah di 7 lokasi penelitian layak digunakan untuk konsumsi berdasarkan Permenkes yang mengatur tentang kandungan parameter fisika dan kimia. Pada LP 51 dan LP 66 nilai DHL melewati ambang batas yang ditentukan. Dari hasil analisa diagram trilinier piper didapatkan 2 tipe hidrokimia, yaitu tipe Dominan Kalsium Bikarbonat berada pada area 5 dengan kekerasan karbonat >50% dan tipe Kation Anion Seimbang pada area 9. Berdasarkan hasil analisa diagram stiff menunjukan 3 tipe hidrokimia, yaitu tipe Natrium Bikarbonat, Kalsium Bikarbonat dan Magnesium Bikarbonat.
Kata Kunci : Analisa hidrogeologi, kalsium, bikarbonat, Trilinear Piper, Stiff

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisa hidrogeologi, kalsium, bikarbonat, Trilinear Piper, Stiff
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 02 Sep 2020 06:48
Last Modified: 03 Mar 2023 03:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23599

Actions (login required)

View Item View Item