KAJIAN KANDUNGAN LOGAM BERAT DAN PENANGANANNYA PADA TAILING PENCUCIAN MANGAN DI PT. ANUGRAH NUSANTARA SEJAHTERA KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA PROVINSI NTT

METBOKI, MATILDA (2020) KAJIAN KANDUNGAN LOGAM BERAT DAN PENANGANANNYA PADA TAILING PENCUCIAN MANGAN DI PT. ANUGRAH NUSANTARA SEJAHTERA KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA PROVINSI NTT. Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of FULL-TESIS.pdf] Text
FULL-TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Penambangan bijih mangan di PT. Anugerah Nusantara Sejahtera dilakukan dengan sistem tambang terbuka dengan tujuan utama dari kegiatan penambangan adalah pengambilan endapan dari batuan induknya, sehingga mudah untuk diangkut dan diproses pada tahapan selanjutnya. Bijih mangan yang telah ditambang diangkut ke stockpile untuk kemudian dilakukan crushing dan pencucian. Tujuan dilakukan crushing dan pencucian yaitu menghasilkan bijih mangan dengan ukuran tertentu dan membersihkan bijih mangan dari unsur dan mineral pengotor lainnya. Hasil dari crushing dan pencucian mangan yaitu konsentrat berupa bijih mangan yang ukurannya sudah sesuai dengan kebutuhan dan limbah berupa air, lumpur dan pasir yang disebut tailing. Tailing tersebut dialirkan ke kolam pengendapan sebelum dialirkan keluar ke lingkungan bebas. Hal penting yang perlu dipertimbangkan dalam evaluasi alternatif pembuangan tailing yaitu logam berat yang terkandung.
Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kandungan logam berat Mn, Fe, Pb, Cu dan Zn berdasarkan geologi daerah penelitian pada tailing baik itu pada air maupun sedimen, menentukan tingkat pencemaran logam berat pada air dan sedimen dengan baku mutu, menentukan metode untuk menurunkan konsentrasi logam berat pada air dan sedimen, serta manajemen pengelolaan kolam pengendapan berkaitan dengan waktu pengerukan sedimen. Metode dalam penelitian ini yaitu studi literatur, metode pengambilan sampel air dan sedimen, pengujian laboratorium menggunakan metode AAS, dan analisis data.
Dari semua konsentrasi logam berat Mn, Fe, Pb, Cu dan Zn dapat dilihat bahwa kandungan logam berat rata-rata melebihi baku mutu yang ditetapkan dalam PP No.82 Tahun 2001 untuk air dan baku mutu logam berat pada sedimen berdasarkan USEPA (United States Environmental Protection Agency) dan ANZECC (Australian and New Zealand Environment and Conservation). Pada air setelah dilakukan penambahan zeolit aktivasi diketahui konsentrasi logam Fe, Cu dan Zn mengalami penurunan. Pada sedimen disarankan dilakukan fitoremediasi yaitu menanami area yang dijadikan sebagai tempat pembuangan akhir sedimen hasil pengerukan dari kolam pengendapan dengan tanaman cemara hutan, bunga matahari, kirinyuh dan purun tikus. Material yang akan diproses (crushing dan pencucian) adalah 2 ton/jam dengan kerapat partikel padatan 7,21 gr/cm3, volume KI 45 m3 dan KII 1112,94 m3 maka dapat diperkirakan bahwa pengerukan masing-masing kolam dilakukan setiap 17 hari sekali untuk KI dan setiap 1 tahun 6 bulan sekali untuk KII.

Kata kunci : fitoremediasi, logam berat, mangan, tailing, zeolit

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : fitoremediasi, logam berat, mangan, tailing, zeolit
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 02 Sep 2020 06:39
Last Modified: 03 Mar 2023 03:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23598

Actions (login required)

View Item View Item