PENGARUH PUPUK KOTORAN SAPI DAN OLIGOKITOSAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI MERAH ( Capsicum annum L. ) PADA TANAH VERTISOL

FAIZAL, NOR (2020) PENGARUH PUPUK KOTORAN SAPI DAN OLIGOKITOSAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI MERAH ( Capsicum annum L. ) PADA TANAH VERTISOL. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of COVER. pdf.pdf]
Preview
Text
COVER. pdf.pdf

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI. pdf.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI. pdf.pdf

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of pengesahan.pdf]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI.-pdf.pdf] Text
SKRIPSI.-pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pengaruh Pupuk Kotoran Sapi dan Oligokitosan terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Cabai Merah (Capsicum annum L.) pada Tanah Vertisol Oleh : Nor Faizal Dibimbing Oleh : Ir. Wahyu Widodo, MP dan Drs. M. Husain Kasim, MP ABSTRAK Budidaya tanaman cabai di tanah vertisol menghadapi kendala berupa rentan terhadap penyakit keriting, pupuk kimia NPK dan kemampuan menyerap air yang rendah, hal ini dapat diatasi dengan pemberian bahan organik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk kotoran sapi dan oligokitosan terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai merah ditanah vertisol. Penelitian dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta pada bulan Juni sampai bulan Agustus 2019. Metode yang digunakan adalah percobaan lapangan di dalam polybag dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas dua faktor, diulang 3 kali dan setiap unit percobaan terdapat 6 tanaman. Faktor pertama tanah vertisol : pupuk kotoran sapi (v/v) masing-masing K1 (1:1), K2 (1:2), dan K3 (1:3). Faktor kedua konsentrasi oligokitosan M1(1000 ppm), M2 (2000 ppm), dan M3 (3000 ppm). Data pengamatan di analisis menggunakan uji Analysis of Varians (ANOVA) pada jenjang nyata 5% dan kontras orthogonal, dan yang terdapat beda nyata dilanjutkan dengan Dumcan Multiple Range Test (DMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan oligokitosan memberikan pengaruh nyata terhadap parameter jumlah buah panen 1 dan panjang buah panen 1. Perlakuan pupuk kotoran sapi memberikan hasil yang sama baik terhadap parameter jumlah daun (helai), jumlah cabang, diameter batang (mm), tinggi tanaman (cm), diameter buah (mm), volume akar (ml), jumlah buah, bobot buah (gram), panjang buah (cm) dan terdapat beda nyata antara perlakuan dan kontrol pada parameter jumlah daun umur 2 mst, jumlah buah panen ke 5, dan bobot buah panen ke 5.
Kata Kunci : Cabai Merah, Pupuk Kotoran Sapi, Oligokitosan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Cabai Merah, Pupuk Kotoran Sapi, Oligokitosan.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 02 Sep 2020 05:06
Last Modified: 02 Mar 2023 08:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23592

Actions (login required)

View Item View Item