PENGARUH UMUR BIAKAN DAN KONSENTRASI CENDAWAN ENTOMOPATOGEN Beauveria bassiana TERHADAP MORTALITAS WALANG SANGIT (Leptocorisa acuta T.) PADA TANAMAN PADI (Oryza sativa L.)

MEILA, LULUK (2020) PENGARUH UMUR BIAKAN DAN KONSENTRASI CENDAWAN ENTOMOPATOGEN Beauveria bassiana TERHADAP MORTALITAS WALANG SANGIT (Leptocorisa acuta T.) PADA TANAMAN PADI (Oryza sativa L.). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 3. Cover.pdf]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 4. lembar pengesahan.pdf] Text
4. lembar pengesahan.pdf

Download (445kB)
[thumbnail of 5.  DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 1.SKRIPSI-FULL.pdf] Text
1.SKRIPSI-FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PENGARUH UMUR BIAKAN dan KONSENTRASI CENDAWAN ENTOMOPATOGEN Beauveria bassiana TERHADAP MORTALITAS WALANG SANGIT (Leptocorisa acuta T.) PADA TANAMAN PADI (Oryza sativa L.).
Luluk Meila
Dibimbing oleh :
Chimayatus Solichah dan R.R Rukmowati Brotodjojo
ABSTRAK
Tanaman padi ( Oryza sativa L.) merupakan salah satu komoditas pangan Indonesia. Serangan hama walangsangit pada tanaman padi dapat menurunkan produktivitas padi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh umur biakan dan konsentrasi B. bassiana terhadap mortalitas hama walang sangit pada tanaman padi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2019 sampai Februari 2020 di Laboratorium Pengamat Hama dan Penyakit Tanaman LPHPT) Pandak, Bantul. Penelitian ini menggunaakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dua faktor + kontrol. Faktor yang pertama adalah umur biakan cendawan B. bassiana (U1 = 2 minggu, U2= 5 minggu, U3= 8 minggu) dan faktor yang ke-dua yaitu konsentrasi B. bassiana (K1= 20 gr/L, K2= 30 gr/L). Hasil penelitian menunjukkan tidak ada interaksi antara umur biakan dan konsentrasi B. beauveria. Umur biakan B. bassiana 5 minggu setelah inokulasi secara signifikan menghasilkan jumlah spora yang lebih tinggi dan viabilitas spora yang lebih tinggi, mortalitas kumulatif yang lebih tinggi dan persentase kerusakan gabah lebih rendah daripada umur biakan 2 minggu atau 8 minggu.. Konsentrasi B. bassiana 30 g/L secara signifikan lebih berpengaruh daripada 20 g/L dalam membunuh L. acuta dengan menghasilkan tingkat kematian yang lebih tinggi.
Kata kunci: Umur biakan, konsentrasi, Beauveria bassiana, walang sangit.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Umur biakan, konsentrasi, Beauveria bassiana, walang sangit.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:51
Last Modified: 02 Mar 2023 08:33
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23589

Actions (login required)

View Item View Item