ANALISIS PENTAGON FRAUD DALAM MENDETEKSI FRAUDULENT FINANCIAL STATEMENT (Studi Empiris Pada Perusahaan Badan Usaha Milik Negara Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2018)

RUDIYANTO, EL ADAM BAHTIAR (2020) ANALISIS PENTAGON FRAUD DALAM MENDETEKSI FRAUDULENT FINANCIAL STATEMENT (Studi Empiris Pada Perusahaan Badan Usaha Milik Negara Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2018). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak El Adam Bahtiar.pdf]
Preview
Text
Abstrak El Adam Bahtiar.pdf

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of Cover El Adam Bahtiar.pdf]
Preview
Text
Cover El Adam Bahtiar.pdf

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi El Adam Bahtiar.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi El Adam Bahtiar.pdf

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka El Adam Bahtiar.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka El Adam Bahtiar.pdf

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Pengesahan El Adam Bahtiar.pdf]
Preview
Text
Lembar Pengesahan El Adam Bahtiar.pdf

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi-Full-El-Adam-Bahtiar.pdf] Text
Skripsi-Full-El-Adam-Bahtiar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji unsur-unsur kecurangan dalam teori fraud pentagon dalam medeteksi kecurangan laporan keuangan (fraudulent financial statement). Fraud pentagon diproksikan dengan tujuh variabel yang terdiri dari 3 elemen pressure (financial target, financial stability, dan external pressure), satu variabel dari elemen opportunity (ineffective monitoring), satu variabel dari elemen rationalization (auditor change), satu variabel dari elemen competence (change of directors), dan satu variabel dari elemen arrogance (frequent number of CEO’s pictures) yang dihipotesiskan mempengaruhi kecurangan laporan keuangan. Penelitian ini menggunakan M-Score untuk menentukan kecurangan laporan keuangan.
Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dengan kriteria sampel merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terdaftar di BEI pada tahun 2013-2018. Berdasarkan kriteria tersebut, diperoleh sampel sebanyak 89 perusahaan. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa laporan tahunan perusahaan. Alat uji data menggunakan software SPSS20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial stability berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan. Sedangkan financial target, external pressure, ineffective monitoring, auditor change, change of directors, dan frequent number of CEO’s picture tidak berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan (fraudulent financial statement).
Kata kunci: Fraud Pentagon, Fraudulent Financial Statement, M-Score, Financial Target, Financial Stability, External Pressure, Ineffective Monitoring, Auditor Change, Change of Directors, Frequent Number of CEO’s Picture

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Fraud Pentagon, Fraudulent Financial Statement, M-Score, Financial Target, Financial Stability, External Pressure, Ineffective Monitoring, Auditor Change, Change of Directors, Frequent Number of CEO’s Picture
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 02 Sep 2020 04:21
Last Modified: 02 Mar 2023 04:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23586

Actions (login required)

View Item View Item