Karakteristik Perusahaan Dan Komitmen Berpengaruh Terhadap Corporate Social Responsibility

Pasaribu, Hiras (2011) Karakteristik Perusahaan Dan Komitmen Berpengaruh Terhadap Corporate Social Responsibility. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 10 (2). pp. 262-278. ISSN 1412 - 0240

[img]
Preview
Text
akuntabilitas-1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

This studyaimed todetermine the effect offirmcharacteristicsonfirm size,boardsupport, the concentrationof ownership, and organizational commitmentat thelevel ofdisclosure ofCorporate SocialResponsibility (CSR). This study aimstotest thetheoryby usingthe figuresandstatistical methods toanalyzedata includingtoconductquantitativeresearch. This researchhas established80 asthe samplesizeof 165manufacturing.Considerationof dataandhypothesesin this studywillbe used preciselyfor the purpose ofstatisticalcausality, which uses a model ofthe PartialLeastSquare(PLS). This modelwillrevealthe influence ofindependentvariablesonthe dependent variable, either simultaneouslyandpartial. The results showedthe characteristics ofthe companyon company size, boardsupport, ownershipand organizational commitmentpositive influence onthe publicdisclosure ofCSRManufacturingCompaniesinIndonesia. Firm sizeis thedominantinfluenceofCSRdisclosure. Public and institutionalownershipaffectsthe lowestonthe company's CSRdisclosure, this indicates thatpublic ownershipandlowinstitutional supportfordisclosure ofcorporate socialresponsibility. This means thatthe greater theconcentration ofthe publiconinstitutionalownershipin the company willsupport the management ofthe handlingordisclosure ofcorporate socialresponsibility(CSR).Keywords: Characteristics ofthe company, CommitmentandCSR.AbstrakArtikel ini berjudul "Karakeristik Perusahaan dan Komitmen Berpengaruh terhadap corporate sosial responsibility" berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh hiras pasarPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan pada ukuran perusahaan, dukungan dewan komisaris, konsentrasi kepemilikan, dan komitmen organisasi pada tingkat pengungkapan Corporate Social Responsibility(CSR). Penelitian ini bertujuan untuk menguji teori dengan menggunakan angka-angka dan metode statistik untuk menganalisis data termasuk untuk melakukan penelitian kuantitatif. Penelitian ini telah menetapkan 80 sebagai ukuran sampel dari 165 manufaktur. Pertimbangan data dan hipotesis dalam penelitian ini akan digunakan secara tepat untuk tujuan kausalitas statistik, yang menggunakan model Partial Least Square (PLS). Model ini akan mengungkapkan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen, baik secara bersamaan dan parsial. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik perusahaan pada ukuran perusahaan, dukungan dewan komisaris, kepemilikan dan komitmen organisasi pengaruh positif terhadap pengungkapan CSR Perusahaan Manufaktur publik di Indonesia. Ukuran perusahaan adalah berpengaruh dominan terhadap pengungkapan CSR. Kepemilikan publik dan institusi berpengaruh terendah pada pengungkapan CSR perusahaan, hal ini mengindikasikan kepemilikan publik dan dukungan kelembagaan rendah untuk pengungkapan tanggung jawab sosialperusahaan. Ini berarti semakin besar konsentrasi publik pada kepemilikan institusional di perusahaan akan mendukung pengelolaan penanganan atau pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).Kata Kunci : Karakteristik Perusahaan, Komitmen dan CSR.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Characteristics of the company, Commitment and CSR,Karakteristik Perusahaan, Komitmen dan CSR
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Dr.MSi Akt Hiras Pasaribu
Date Deposited: 25 Aug 2020 07:27
Last Modified: 25 Aug 2020 07:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23480

Actions (login required)

View Item View Item