PERANCANGAN ALAT PELOROT MALAM UNTUK MEMPERCEPAT WAKTU PROSES PRODUKSI DI INDUSTRI BATIK NITIK TRIMULYO JETIS KABUPATEN BANTUL

Pratama, M Alyogi (2020) PERANCANGAN ALAT PELOROT MALAM UNTUK MEMPERCEPAT WAKTU PROSES PRODUKSI DI INDUSTRI BATIK NITIK TRIMULYO JETIS KABUPATEN BANTUL. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
skirpsi cover.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ABSTRAK.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI DAFTAR ISI.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di Industri batik Nitik Trimulyo s eluruh proses produksi pembuatan batik mulai dari pemberian pola atau pemindahan pola pada kain, pemberian malam dengan canting, pewarnaan, hingga penyelesaian dilakukan oleh kaum wanita. Pembuatan Batik Nitik menyokong perekonomian masyarakat kembangsongo dan menjadi lapangan pekerja tetap bagi wanita di sana. Pada proses menghilangkan malam pada kain batik dimasukkan kedalam gending yang telah berisi air panas yang mendidih sehingga malam yang menempel pada kain batik dapat lepas. Proses dilakukan secara berulang-ulang sehingga membutuhkan waktu 15 menit sampai dengan 20 menit dengan peralatan sederhana. Kemudian sikap pekerja saat proses produksi menggunakan alat seperti kayu untuk mengangkat kain batik yang telah di masukan kedalam gending yang berisi air panas tadi dengan posisi postur pekerja yang membungkuk dapat menyebabkan terjadinya kelelahan pada bagian punggung belakang serta beresiko tekena percikan air panas yang membuat tangan pekerja terkena percikan saat melakukan proses pelorot malam. Pada Industri Batik Nitik Trimulyo Jetis yang Mengakibatkan waktu produktivitas kerja kurang maksimal, sehingga diharapkan perancangan alat pelorot malam dapat membantu meningkatkan hasil produktivitas serta mempercepat proses menghilangkan malam pada kain batik. Pengerjaan dilakukan berdasarkan data wawancara dan pengamatan serta bahan komponen yang digunakan ditentukan langsung oleh pihak perancang alat pelorot malam sebagai peneliti berdasarkan hasil kusioner dan pembuat sebagai akhli atau bengkel berdasarkan kemauan dari perancang alat pelorot malam. merancang alat pelorot malam yang dapat mempercepat waktu proses produksi serta dapat menentukan waktu proses produksi pelorotan malam sesudah dan sebelum perancangan di Industri Batik Nitik Jetis Kabupaten Bantul dengan menggunakan pendekatan Metode Nigel Cross agar dapat direalisasikan alat pelorot malam yang mampu membantu serta mempercepat menghilangkan malam yang menempel pada kain batik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 25 Aug 2020 02:57
Last Modified: 25 Aug 2020 02:57
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23477

Actions (login required)

View Item View Item