PENGARUH LIKUIDITAS DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2014-2018)

SAIFULLAH, AMALIA PUTRI (2020) PENGARUH LIKUIDITAS DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2014-2018). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (411kB) | Preview
[thumbnail of COVER SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (502kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FULL.pdf] Text
SKRIPSI-FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Amalia Putri Saifullah, Nomor Induk Mahasiswa 152160048, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian ini adalah “Pengaruh Likuiditas dan Struktur Modal terhadap Return Saham dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Sektor, Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2014-2018)”. Dosen pembimbing satu (1) Sadeli, Dosen Pembimbing dua (2) Eny Endah Pujiastuti.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, struktur modal dan profitabilitas terhadap return saham baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini termasuk dalam tipe explanatory research. Populasi penelitian ini adalah perusahaan jasa yang termasuk dalam sektor infrastruktur, utilitas dan transportasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 38 perusahaan setelah diseleksi melalui kriteria yang telah ditentukan peneliti. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis jalur dengan menggunakan SEM-PLS, SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas. Struktur modal berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas. Likuiditas berpengaruh negatif signifikan terhadap return saham. Struktur modal tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap return saham. Profitabilitas mampu memediasi pengaruh likuiditas dan struktur modal terhadap return saham.
kesimpulan dari penelitian ini antara lain return saham dapat dipengaruhi oleh rasio keuangan sepeti likuiditas dan profitabilitas secara langsung maupun tidak langsung serta struktur modal dapat mempengaruhi return saham secara tidak lansung. Saran yang diberikan peneliti bagi perusahaan yang diteliti agar dapat memaksimalkan kinerja keuangan khususnya dalam memperoleh laba sehingga dapat mempengaruhi pengembalian saham. Bagi investor dapat melihat laporan keuangan yang diterbitkan perusahaan sehingga mengetahui nilai CR, DER dan ROE yang merupakan indikator utama pada variabel penelitian ini. Bagi penelitian selanjutnya diarapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan mencari indikator, variabel serta perusahaan di sektor lainnya.
Kata Kunci : Likuiditas, Struktur Modal, Profitabilitas, Return Saham.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Likuiditas, Struktur Modal, Profitabilitas, Return Saham.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 24 Aug 2020 03:43
Last Modified: 14 Dec 2022 06:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23439

Actions (login required)

View Item View Item