ANALISIS DAMPAK LINGKUNGAN NATA DE COCO DENGAN METODE LIFE CYCLE ASSESSMENT DAN ECO-EFFICIENCY (Studi kasus CV. Agrindo Suprafood, Bantul, Yogyakarta)

Kurniawan, Bagus (2020) ANALISIS DAMPAK LINGKUNGAN NATA DE COCO DENGAN METODE LIFE CYCLE ASSESSMENT DAN ECO-EFFICIENCY (Studi kasus CV. Agrindo Suprafood, Bantul, Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Peningkatan jumlah industi pangan setiap tahunnya, selain berdampak positif bagi pelaku usaha, juga memberikan dampak negatif terhadap lingkungan,seperti pemanasan global dan penipisan ozon. Salah satu industri yang sedang berkembang adalah CV. Agrindo Suprafood yang memproduksi nata de coco. Sementara itu industri dituntut untuk memperbaiki sistem produksi dengan menerapkan prinsip pembangunan berkelanjutan, yakni keuntungan ekonomi, keseimbangan ekologi, dan tanggung jawab bisnis terhadap lingkungan sosial. Kajian dan evaluasi terhadap produk nata de coco sepanjang siklus hidupnya dengan mempertimbangkan aspek-aspek lingkungan yang ditumbulkan dapat dilakukan dengan menggunakan metode Life Cycle Assessment (LCA). Oleh karena itu diperlukan analisis yang lebih luas tidak hanya dari segi lingkungan saja, namun juga dari segi ekonomi. Analisis semacam ini dapat dilakukan dengan pendekatan eco-efficiency yaitu suatu konsep efisiensi yang memasukkan aspek sumberdaya alam dan energi. Dari hasil life cycle assessment dengan menggunakan metode Recipe Endopoint (H) V1. 13 diketahui dampak lingkungan pengadaan bahan baku yang paling dominan di CV. Agrindo Suprafood adalah resources. Dengan menggunakan metode CML 2 Baseline 2000 V2.05 diketahui dampak lingkungan pengadaan bahan baku yang paling dominan di CV. Agrindo Suprafood adalah marine aquatic ecotoxicity. Dengan sumber dampak yang signifikan pada tahap pengadaan amonium sulfat. Dari hasil life cycle impact assessment dengan menggunakan metode Recipe Endopoint (H) V1.13 diketahui dampak lingkungan proses produksi yang paling dominan di CV. Agrindo Suprafood adalah human health. Dengan menggunakan metode CML 2 Baseline 2000 V2.05 diketahui dampak lingkungan proses produksi yang paling dominan di CV. Agrindo Suprafood adalah acidification. Dengan sumber dampak yang signifikan pada tahap pasteurisasi. Dari aspek ekonomi, didapatkan nilai eco-efficiency nata de coco yang diproduksi CV. Agrindo Suprafood tergolong pada kategori sustainable dan affordable, karena nilai EEI yang didapat lebih dari 1 yaitu sebesar 1,50.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 10 Aug 2020 03:50
Last Modified: 10 Aug 2020 03:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23373

Actions (login required)

View Item View Item