PENJADWALAN PRODUKSI SNACK RUMPUT LAUT UNTUK MEMINIMASI MEAN TARDINESS DENGAN MEMPERTIMBANGKAN WAKTU KEDATANGAN DINAMIS (Studi Kasus di CV Panda Food, Yogyakarta)

Riana, Natasya Octavia (2020) PENJADWALAN PRODUKSI SNACK RUMPUT LAUT UNTUK MEMINIMASI MEAN TARDINESS DENGAN MEMPERTIMBANGKAN WAKTU KEDATANGAN DINAMIS (Studi Kasus di CV Panda Food, Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (994kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

CV Panda Food merupakan sebuah industri yang memproduksi makanan ringan berupa snack rumput laut. Perusahaan tersebut menerapkan sistem produksi Make to Order, sehingga pesanan yang diterima tidak dapat ditentukan waktu kedatangannya (dinamis). Perusahaan memprioritaskan pengerjaan pesanan yang datang terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan pesanan berikutnya. Produk snack rumput laut yang diproduksi oleh perusahaan yang memiliki berbagai variasi serta jumlah yang tidak menentu mengakibatkan keterlambatan penyelesaian pesanan terjadi. Keterlambatan penyelesaian pesanan yang terjadi secara terusmenerus dapat menyebabkan adanya penalti yang dikenakan oleh distributor terhadap perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah algoritma penjadwalan dinamis dengan pengurutan prioritas yang digunakan adalah Earliest Due Date (EDD) dan waktu penyelesaian (completion time) paling pendek. Metode ini digunakan dengan tujuan untuk meminimasi mean tardiness pada produksi di CV Panda Food sehingga dapat mengurangi jumlah pinalti yang harus dibayarkan oleh pihak perusahaan akibat keterlambatan penyelesaian produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode usulan mampu meminimasi mean tardiness pada CV Panda Food. Penjadwalan dengan menggunakan metode perusahaan menghasilkan nilai mean tardiness sebesar 0,42 hari, sedangkan penjadwalan dengan menggunakan metode usulan menghasilkan nilai mean tardiness sebesar 0 hari. Pengurangan nilai mean tardiness akan memberikan dampak positif bagi pihak perusahaan, yaitu dapat mengurangi nilai pinalti yang harus dibayarkan oleh perusahaan yang sebelumnya sejumlah Rp1.855.000,00 menjadi Rp0,00.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Make to Order, Algoritma Penjadwalan Dinamis, Earliest Due Date (EDD), Completion Time, Minimasi Mean Tardiness
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Civil Engineering and the Environment
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 10 Aug 2020 03:10
Last Modified: 10 Aug 2020 03:10
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23358

Actions (login required)

View Item View Item