RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN STROBERI (Fragaria sp.) PADA BERBAGAI KONSENTRASI KALIUM DAN GIBERELIN DENGAN HIDROPONIK NFT

Danta W. B., Muhamad Eka (2020) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN STROBERI (Fragaria sp.) PADA BERBAGAI KONSENTRASI KALIUM DAN GIBERELIN DENGAN HIDROPONIK NFT. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of LEMBARPENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBARPENGESAHAN.pdf

Download (493kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of FULL.pdf] Text
FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Respon Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Stroberi (Fragaria sp.)
pada Berbagai Konsentrasi Kalium dan Giberelin
dengan Hidroponik NFT
Oleh : M. Eka Danta Wisnu Branta
Dibimbing oleh : Endah Budi Irawati dan Heti Herastuti
Salah satu produk hortikultura yang masih rendah produksinya di Indonesia adalah buah stroberi. Stroberi merupakan tanaman budidaya di negara beriklim subtropis. Sementara itu, iklim Indonesia yang panas, yang tidak sesuai dengan kondisi alami pertumbuhan stroberi yaitu iklim dingin, sehingga budidaya stroberi hanya terbatas ada daerah dataran tinggi yang masih terpengaruh iklim tropis di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan dan hasil tanaman stroberi pada berbagai konsentrasi Kalium dan Giberelin dengan metode hidroponik NFT (Nutrient Film Technique). Penelitian dilaksanakan di rumah plastik yang berada di dusun Kregan, Wukirsari, Cangkringan, Kabupaten Sleman dengan ketinggian ±500 mdpl. Penelitian menggunakan percobaan lapangan dengan Split Plot Design faktorial 3 x 3 dengan 3 ulangan masing-masing ulangan sejumlah 8 tanaman . Sebagai main plot yaitu konsentrasi Kalium terdiri atas 3 perlakuan (200, 300, dan 400 ppm) dan sub plot konsentrasi Giberelin terdiri atas 3 perlakuan (0, 25, dan 50 mg/l). Parameter pertumbuhan yang diamati yaitu tinggi tanaman (2, 4, dan 6 MST), luas daun (2, 4, 6 MST), bobot kering (2, 4, dan 6 MST), panjang akar (2, 4, dan 6 MST), dan volume akar (2, 4, dan 6 MST). Sementara parameter hasil yang diamati yaitu jumlah bunga, jumlah buah, bobot buah, kekerasan buah, diameter buah, dan kandungan vitamin C buah 6 MST. Hasil perhitungan menunjukkan kombinasi perlakuan konsentrasi Kalium 200 ppm (K1) dan Giberelin 50 mg/l (G3) dan kombinasi perlakuan Kalium 300 ppm (K2) dan Giberelin 25 mg/l (G2) memberikan hasil terbaik pada kandungan vitamin C buah. Perlakuan konsentrasi Kalium 400 ppm (K3) berpengaruh nyata pada bobot buah total per tanaman, dan diameter buah 6 MST. Sementara perlakuan konsentrasi Giberelin berpengaruh nyata pada jumlah bunga total per tanaman, jumlah buah total per tanaman, dan kekerasan buah.
Kata kunci : Stroberi, hidroponik, Kalium, Giberelin

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Stroberi, hidroponik, Kalium, Giberelin
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 03 Aug 2020 03:38
Last Modified: 07 Feb 2023 07:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23280

Actions (login required)

View Item View Item