PENILAIAN REVIEWER 2 PENGARUH KEPERCAYAN, PENGETAHUAN, KOMUNIKASI PEMASARAN INTEGRATIF, PERSEPSI RISIKO, PERSEPSI KEUNGGULAN RELATIF PADA PENUNDAAN ADOPSI PERTAMAX

Sugandini, Dyah (2020) PENILAIAN REVIEWER 2 PENGARUH KEPERCAYAN, PENGETAHUAN, KOMUNIKASI PEMASARAN INTEGRATIF, PERSEPSI RISIKO, PERSEPSI KEUNGGULAN RELATIF PADA PENUNDAAN ADOPSI PERTAMAX. BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis. (Unpublished)

[thumbnail of PENILAIAN REVIEWER 2 PENGARUH KEPERCAYAAN PERTAMAX.pdf]
Preview
Text
PENILAIAN REVIEWER 2 PENGARUH KEPERCAYAAN PERTAMAX.pdf

Download (896kB) | Preview

Abstract

Meningkatnya harga minyak dunia yang telah melebihi $100 per barel menyebabkan harga-harga
relatif mengalami peningkatan yang pada akhirnya juga berdampak terhadap perekonomian
nasional. Akibat meningkatnya harga minyak dunia tersebut, pemerintah akhirnya menaikkan
harga Bahan Bakar Minyak (BBM) non subsidi berupa pertamax.Pengaturan langkah pembatasan
BBM Bersubsidi diatur dengan Peraturan Menteri ESDM No 12 tahun 2012 dan yang terbaru
Peraturan Menteri ESDM No. 1 Tahun 2013.Meskipun kebijakan pembatasan BBM Bersubsidi
ditujukan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat luas, upaya konversi tidak terlaksana
dengan lancar dan mudah.Terdapat beberapa faktor yang dapat menunda adopsi masyarakat
terhadap pemakaian pertamax ini.
Penundaanterjadi ketika seorang individu memutuskan untuk tidak menggunakan produk
inovatif terlebih dahulu.Dan individu ini ada dalam kondisi aktif, menunggu waktu yang
dianggapnya tepat untuk mengadopsi Pertamax.Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji
sebuah model yang menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi penundaan suatu produk inovatif
yaitu Pertamax pada masyarakat target konversi energi. Metode yang digunakan menggunakan
pendekatan deduktif karena memfokuskan pada pengembangan hipotesis yang didasarkan pada
suatu teori. Penelitian ini menggunakan survei karena memperhatikan sejumlah faktor yang
menjelaskan penundaan Pertamax. Faktor-faktor tersebut adalah kepercayaan terhadap
pemerintah, pengetahuan, persepsi komunikasi pemasaran integratif, persepsi risiko, persepsi
keunggulan relatif, sikap ke arah penundaan, niat menunda dan penundaan. Data yang digunakan
adalah data primer yang diperoleh melalui observasi langsung, wawancara personal secara
mendalam dan pengisian kuesioner.Responden adalah masyarakat pengguna BBM bersubsidi di
wilayah Yogyakarta.Alat analisis data menggunakan structural equation modeling (SEM).Manfaat
penelitian ini dapat digunakan sebagai pertimbangan untuk menentukan kebijakan yang bisa
ditetapkan oleh pemerintah untuk mensukseskan pemakaian Pertamax di masyarakat, karena dari
hasil penelitian ini dapat dijustifikasi faktor-faktor yang menjadi penghambat seorang konsumen
untuk mengadopsi Pertamax dan langkah-langkah apa saja yang bisa dilakukan oleh produsen
(Pertamina) dan Pemerintah untuk mengatasi faktor yang menyebabkan penundaan adopsi
Pertamax. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model penundaan adopsi pertamax bisa diterima

Item Type: Other
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Dr.SE.MSi Dyah Sugandini
Date Deposited: 20 Jul 2020 04:52
Last Modified: 20 Jul 2020 05:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/22996

Actions (login required)

View Item View Item